Juarai Olimpiade Bahasa Inggris se-Eks Keresidenan Besuki, Bukti SMA Nuris Jember Jadi Sekolah Idaman

Pesantren Nuris- Kemampuan berbahasa Inggris siswa SMA Nuris Jember memang patut diacungi jempol. Kali ini, Nais Septia Ningrum berhasil menangkan olimpiade Bahasa Inggris dan harumkan nama SMA Nuris Jember. Siswa kelas XI IPA 1 SMA Nuris Jember tersebut dapatkan juara 2. Dia berhasil kalahkan sekitar 628 asal SMA sederajat dan se-Ekeresidenan Besuki pula. Olimpiade tersebut diadakan oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Inggris dan digelar di SMA Negeri 2 Jember.

Siswa kelahiran Jember, 27 September 2001 ini harus lalui beberapa tahapan untuk sampai di babak final dan menangkan olimpiade Bahasa Inggris tersebut. Di babak penyisihan, dia berhasil menjadi 10 peserta terbaik dengan nilai tertinggi dari 628 peserta sehingga berhak berlanjut ke babak final. Di babak final dia berhasil menjadi 5 peserta terbaik dan berhasil raih juara 2. Nais Septia Ningrum bisa bersaing dengan beberapa sekolah favorit di Jember, di antaranya SMA Negeri 1 Jember sebagai juara 1, SMAK Santopaulus sebagai juara 3 dan harapan 1, serta SMA 2 Jember sebagai juara harapan 2

Bukan hal yang mudah bagi siswa yang kerap disapa Nais ini ,untuk masuk di babak final. Sebab di babak penyisihan dia mendapat skor yang sama dengan empat peserta lain. Hingga akhirnya dia kembali harus mengerjakan soal essay dan berhasil dapatkan skor tertinggi, sehingga berhak berlanjut ke babak final.

(Baca juga:Raih Juara Menulis Artikel Tingkat Nasional, Siswa Jenius Ini Gabung Ekskul Jurnalistik Nuris)

Writing adalah bentuk ujian di babak final. Sepuluh peserta harus menulis Description tekxt, Explanation text, atau Exposition Text dengan tema “The Young Generation’s Role In Character Building Education”. Saat itu, Nais memilih untuk menulis Exposition Text. Hanya 45 menit waktu diberikan padanya untuk bisa menulis Exposition dengan Text 250 kata.

Sebelum ikuti olimpiade Bahasa Inggris tersebut, siswa yang terkenal dengan kesederhanaannya ini ikuti pembinaan intensif selama satu minggu bersama tentornya Kartika Eka Paksi yang juga guru bahasa Inggris di kelasnya. Selain itu, dia juga berlatih soal-soal olimpiade dan belajar teori-teori tertentu. “Perjuangan saya untuk dapatkan juara 2 ini, tidak mudah. Hampir setiap hari saya harus berlatih soal-soal olimpiade bahasa Inggris dengan berbagai tipe, memahami teori-teori tertentu, serta ikuti pembinaan intensif. Alhamdulilah perjuangan tersebut benar-benar membuahkan hasil yang membahagiakan,” katanya usai dinobatkan sebagai pemenang.

“Prestasi ini, bukan akhir dari segala-galanya. Saya harus tetap belajar giat sehingga bisa kembali juarai olimpiade-olimpiade bahasa Inggris lainnya dan mengharumkan nama SMA Nuris Jember. Saya juga berharap teman-teman saya juga semangat untuk belajar bahasa Inggris, sehingga bisa menangkan olimpiade bahasa Inggris lainnya,” imbuhnya.

(Baca juga: Sengitnya English Competition 2018, SMA Nuris Jember Juara Speech Se-Eks Keresidenan Besuki)

Tidak hanya Nais saja yang bangga dengan capaiannya tersebut, Kartika Eka Paksi sebagai tentor juga bangga dengan capaian anak didiknya tersebut. “Saya bangga dan bahagia sekali atas keberhasilan Nais di olimpiade bahasa Inggris yang diadakan oleh MGMP Bahasa Inggris tersebut. Sebab dengan prestasi tersebut, membuktikan dia bisa bersaing dengan siswa dari sekolah-sekolah favorit se-Ekskeresidenan Besuki. Semoga prestasi Nais semakin baik lagi,” tutur Mom Kartika. (Red/Yuv)

 

Related Post