Terpilih Jadi PPS, Alumni Nuris ini Siap Sukseskan Pilkada Kabupaten Jember 2020

Lewati Serangkaian Tes, Akhirnya Lelaki yang Hobi Memasak ini Resmi Dilantik Kemarin Malam

Pesantren Nuris – Alumni Nuris terus berkiprah di berbagai elemen institusi dan tak keder menghadapi serangkaian tes seleksi yang diselenggarakan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Jember. Seperti salah satu alumni Nuris yang dikenal baik dan supel ini, setelah berjibaku dengan ribuan peserta seleksi sekabupaten, akhirnya dia sukses terpilih. Siapakah gerangan? Yuk kenalan di sini saja…

Barangkali alumni Nuris yang seangkatan, lulusan tahun 2004 silam, dari lembaga SMA Nuris Jember, jurusan IPS, mengenal sosok yang bersahaja ini. Namanya Hasani. Nama yang teramat singkat namun memiliki makna yang baik.

Lelaki kelahiran Sumenep, 3 Juni 1984 ini kesehariannya mengabdikan diri di Pesantren Nuris Jember sebagai satuan keamanan. Ketika ada informasi seleksi terbuka sebagai panitia pemungutan suara (PPS) terkait dengan jelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), bupati dan wakil bupati di Kabupaten Jember, dia pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

(baca juga: Mengenal Sosok Hanafi, Alumni Nuris Jabat Komisioner KPU Jember 2 Periode)

“Menambah pengalaman baru terkait birokrasi, ketika ada informasi seleksi terbuka, ya saya ikuti saja. Awalnya mencoba daftar yang PPK (Panitia Penyelenggara Kecamatan), tetapi belum rezeki. Setelah itu ikut tes yang PPS, alhamdulillah bisa lolos.” Ungkap ayah dari 3 anak ini.

Konon yang ikut seleksi dua ribu lebih se-Kabupaten Jember, dan yang akan dilantik hanya 3 peserta terbaik per desa. Di antara nama-nama itu ada nama Hasani, lelaki yang hobi memasak yang memastikan diri terpilih menjadi PPS Desa Karangpring, Sukorambi, Jember.

Awal tes seleksi PPS tersebut dilaksanakan pada 1 Maret 2020 lalu. Dari total ribuan peserta tes, diambil enam peserta terbaik per desa untuk mengikuti tes lanjut berupa wawancara. Setelah itu, baru didapatkan 3 peserta terbaik yang diantaranya ada nama alumni Nuris yang membanggakan di sana.

(baca juga: Jadi Bidan, Alumni Nuris ini Mengabdi Sepenuh Hati)

“Materi tesnya macam-macam, mulai tentang pengetahuan Pemilu, undang-undang terkait pemilu, partai politik, hingga tugas pokok dan fungsi PPK dan PPS. Semua berjalan dengan lancar-lancar saja.” Tutur dari suami Maidah ini.

Tepat pada hari Senin, 16 Juni 2020 kemarin malam, Hasani resmi dilantik oleh KPU Kabupaten Jember sebagai PPS. Kini dia siap bertugas mengawal Pilkada Kabupaten Jember tahun 2020 dengan jujur, adil, akuntabel, dan kredibilitas, serta profesional.

Tugas dan tanggung jawab tersebut, tak lantas membuat lulusan diploma 2 PGSD Universitas Islam Jember ini merasa keteteran dalam pengabdiannya di Pesantren Nuris Jember. Baginya, pengabdian adalah totalitas tanpa batas waktu dan ruang selama masih mampu. Dia pun berharap menjadi bagian sejarah pemilihan kepemimpinan di Jember dapat berjalan aman dan lancar.[AF.Red]

Nama                    : Hasani

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPS, lulus tahun 2004

Kuliah                   : D2 PGSD Universitas Islam Jember

Karier                    : Keamanan Pesantren Nuris Jember, PPS Kabupaten Jember

foto Ustad Hasani
Related Post