M-Sains (Madrasah Sains) Nuris Mengadakan Diklat Karya Tulis Ilmiah

Jember– Lembaga Pendidikan Formal Yayasan Nuris Jember melalui M-Sains Nuris mengadakan Diklat Penulisan Karya Tulis Ilmiah bertemakan “Menulis Untuk Mewujudkan Scientis Muslim Unggul Berbasis Penelitian” yang diselenggarakan pada hari Selasa, 3 Mei 2016 di Aula SMK Nuris Jember. “Membacalah, kau akan mengetahui tentang isi dunia, dan menulislah maka dunia akan membacamu.” Motto yang diungkapkan keynote speaker menjadi pembuka acara yang dihadiri oleh 100 lebih anggota M-Sains SMK-SMA-dan MA Unggulan Nuris Jember.

Diklat ini menghadirkan dua keynote speaker handal dari Civitas Akademik FKM Unej yang karya tulisnya banyak menjuarai lomba tingkat Nasional. Keynote Speaker pertama, Ninis Dian, memberikan materi tentang Pengetahuan karya tulis ilmiah dan metodologi penelitian penelitian. Keynote speaker kedua, Khairul Anwar, memberikan materi tentang cara mempresentasikan hasil penelitian dalam forum ilmiah serta tips sukses menjadi seorang penulis. Setelah acara diklat usai, Mila Karmila, S.Pd, selaku Koordinator M-Sains sekaligus penanggung jawab kegiatan diklat karya tulis ini mengatakan bahwa dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat berkompetisi siswa di bidang Karya Tulis Ilmiah baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

Diklat yang merupakan agenda perdana dari program kerja M-Sains Nuris Jember, nantinya akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya. Kelanjutan dari acara diklat nantinya akan ada bimbingan intensif dari keynote speaker setiap minggunya bagi para peserta untuk mempersiapkan karyanya dalam ajang kompetisi agar bisa meraih prestasi. Ketua Panitia diklat,Reza Baihaqi Nur (XI IPA SMA Nuris) berkomentar bahwa acaranya sangat seru dan memberi banyak manfaat bagi pengembangan pengetahuan dan keterampilan menulis dirinya “Kita bisa mendapat ilmu tentang bagaimana cara menulis dan menyampaikan hasil karya ilmiah kita secara jelas dan aplikatif,” tuturnya. (annisa)

Related Post