Penyuluhan Kanker Serviks; Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Wanita

Penyuluhan Kanker Serviks; Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Wanita

Jember– Ponpes Nuris tidak hanya terfokus pada bidang pendidikan saja, tetapi juga terfokus pada bidang kesehatan. Salah satu cara yang dilakukan oleh pengurus ponpes nuris untuk lebih meningkatkan kepedulian santri terhadap kesehatan adalah dengan mengadakan penyuluhan kesehatan tentang berbagai penyakit yang sering di alami oleh manusia. Termasuk diantaranya adalah penyuluhan  tentang  Kanker Serviks yang merupakan salah penyakit yang sangat berbahaya dan sering terjadi pada wanita.

“Kanker serviks terjadi pada mulut rahim wanita dan pada orang yang berusia diatas 30 tahun.” Jelas mbak Dian Puspita sebagai pemateri utama dalam acara tersebut. Mbak Dian tidak sendiri dalam mengisi program tersebut. Tetapi, ia juga di temani dengan 4 kawan pria. Diantaranya adalah Mas Firman,Mas Rangga,Mas Anwar, dan Mas Hartono.

Acara ini mendapat respon yang sangat positif dari sekitar 200  santriwati yang hadir, yang terdiri atas para siswi SMA dan MA Unggulan NURIS yang berasrama di Dalem Timur (Daltim). Para santri sangat antusias dan semangat dalam menyimak penjelasan yang di berikan oleh para pemateri. Para santri juga merasa nyaman dengan para pemateri yang begitu ramah dan santun ketika menyampaikan materi.

Tepat pada Minggu, 19 Juni 2016, bertempat di aula Ponpes Nuris, para pemateri mampu menghipnotis para santri akan pentingnya kebersihan demi menjaga kesehatan diri. Mereka mampu menanamkan dalam pikiran para santriwati, bahwasannya tidak hanya kebersihan lingkungan saja yang penting, Tetapi, juga kebersihan dalam tubuh diri sendiri juga tak kalah pentingnya –khususnya untuk wanita- agar tehindar dari berbagai penyakit yang membahayakan salah satunya penyakit kanker serviks ini.

“Kanker serviks adalah penyakit yang sangat mematikan bagi kaum wanita. Dan Indonesia juga menempati rating pertama di dunia sebagai negara dengan penderita  kanker serviks terbanyak.” Ujar salah satu pemateri.

Banyak yang kita dapat dari penyuluahan tersebut. Termasuk faktor dan penyebab kanker serviks, gejala kanker serviks, virus penyebab kanker serviks yaitu virus HPV ( Human Papiloma Virus), dan juga cara  pencegahan penyakit kanker serviks.

“Saya merasa sangat bangga dengan diadakannya program penyuluhan penyakit seperti ini. Dengan ini,  bisa menjadi wadah bagi para santri untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang penyakit kanker serviks.” Tutur salah seorang santri putri Ponpes Nuris yang turut hadir dalam program ini.

Dengan program ini, diharapkan agar para santri bisa lebih mandiri dan lebih bergairah untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh demi menjaga kesehatan diri. Dan diharapkan juga, para santri bisa menyalurkan ilmunya kepada orang lain di luar sana yang belum mengetahui pasti tentang penyakit kanker serviks. Dan pada akhirnya, bisa meminimalkan jumlah angka penderita kanker serviks di Indonesia dan juga di dunia.

Untuk kedepannya para santri berhap agar program penyuluhan penyakit-penyakit yang berbahaya lainnya terus diadakan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang terbebas dari penyakit. (Shinta Louna/ Nia Zain)

Related Post