Reuni & Buka Bersama IKMARIS (Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris) IAIN Jember

Reuni & Buka Bersama
IKMARIS (Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris)
IAIN Jember

Oleh:
Romzatul Widad
Salah satu dari tuntunan hidup Islam adalah silaturrahmi. Bahkan lebih dari itu, silaturrahmi merupakan salah satu ajaran akhlaq yang paling asasi di dalam Islam. Tidak ada kata putus dalam menjalankan silaturrahmi, begitu pula dengan kami yang terlahir besar dari budaya pondok pesantren Nurul Islam di mana sangat menekankan akan pentingnya menjalin tali silaturrahmi. Pentingnya silaturrahmi ini mengingatkan kita kepada hadis nabi :
عن أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ.

“Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya (kebaikannya) maka bersilaturahmi-lah”. (HR. Al-Bukhari).

(Baca juga: Solidaritas Para Alumni Nuris )

Sebagai pendukung untuk menjalankan apa yang menjadi anjuran Rasulullah SAW, alumni PP. Nurul Islam yang sedang menempuh studi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember mengadakan acara reuni sekaligus buka bersama pada hari Jum’at, 17 juni 2016, yang dihadiri oleh alumni MA “Unggulan” NURIS angkatan I dan II. Sekitar 25 orang turut hadir dalam acara tersebut. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk terus menjalin keakraban dan kebersamaan yang sudah terjalin sejak berada di Pesantren.

Sebelum kegiatan tersebut, sudah dibentuk suatu komunitas yang diberi nama IKMARIS (Ikatan Mahasiswa Alumni Nuris). Andy Firmansyah terpilih sebagai ketua, M. Jaelani menjadi wakil ketua. Sementara sekretaris, Qoni A dan Bendahara, Shofiyatul Halawiyah. IKMARIS memiliki struktur kepengurusan yang terdiri dari seksi Keilmuan (Abdullah Faqih, Romazatul Widad & Ifa Khusniatul W), Humas (M. Fayyadh, Nawa & Iin Nur H) dan Perlengkapan (Anisa, Nur Mujahadatul M & Nurul Alfiyah).

(Baca juga: Buka Bersama Di Kota “Never Ending Asia”)

IKMARIS dibimbing langsung oleh guru yang mengajari kami semasa di pondok pesantren dulu dan kini menjadi dosen di IAIN Jember, yaitu Ust. Abdullah Dardum, M.Th.I dan Ust. M. Faishol, M.Ag. Komunitas ini dibentuk sebagai wadah silaturrahmi antar alumni yang tersebar di beberapa Fakultas yang berbeda. Direncanakan ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan oleh IKMARIS dalam setiap pekannya. Mulai dari yang bersifat ilmiah, seperti diskusi atau kajian, book review, dan lain sebagainya, serta yang bersifat spiritual, seperti, istigathsah, tahlilan, dan lain sebagainya.

Semoga dengan dibentuknya komunitas ini bisa menjadikan alumni NURIS yang menempuh kuliah di IAIN Jember turut berperan aktif dalam mewarnai iklim akademik yang ilmiah di dalam kampus, sekaligus bisa mengharumkan nama NURIS di IAIN Jember. Amin.

 

Related Post