Program Unggulan KCA SMP Nuris Jember Unik, SMP Argopuro Panti pun Tertarik

Pesantren Nuris – KCA (Kelas Cerdas Aswaja) merupakan program unggulan SMP Nuris Jember yang telah melalangbuana sehingga SMP Argopura Panti tertarik belajar. Tak heran, Hj. Siti Hamdalah, M.Pd., selaku pihak yayasan yang menaungi SMP Argopuro Panti, melakukan studi banding ke SMP Nuris Jember (18/10).

(Baca Juga: Semarak Aswaja D’Competition SMP Nuris Jember)

Selain Ibu Siti Hamdalah, SMP Argopuro Panti juga mendelegasikan Yosar Fatahillah, S.Pd (kepala SMP Argopuro), dan Khairul Umam, S.Pd. (salah satu pengajar SMP Argopuro) untuk  menemui Gus Rahmat (Kepala SMP Nuris Jember), dan segenap guru.

“Saat ini sudah banyak kejadian degredasi moral dan bermunculan ajaran-ajaran sesat yang menyasar remaja. Hal ini tentu perlu ditangkal agar tak merusak generasi harapan bangsa. KCA yang digalakkan Gus Rahmat bisa menjadi solusi agar remaja terjaga imannya.” Ungkap Siti Hamdalah.

Dia juga mengatakan, “SMP Nuris merupakan sekolah berbasis pesantren yang cukup sukses dalam mendidik siswa untuk berprestasi dan khususnya membumikan aswaja. Kami perlu sharing agar di sekolah kami juga dapat merealisasikannya.”

Dalam pembentukan karakter dan peningkatan prestasi siswa di SMP Nuris Jember juga sangat efektif. Meski sekolah formal hanya sampai jam 11.30 WIB, tetapi bagaimana mungkin SMP Nuris mampu mencetak pelajar yang andal. “Hal ini yang membuat saya penasaran,” kata Pak Yos, sapaan akrab kepala SMP Argopuro tersebut.

(Baca Juga: Prestasi SMP Nuris Per Oktober 2016)

Gus Rahmat serta beberapa jajaran guru menyambut hangat kunjungan yang bertajuk studi banding tersebut. “Untuk penanaman karakter, di SMP Nuris ada pengajian Sullam Taufik yang disampaikan dengan metode khusus, dan diisi oleh tenaga pendidik yang professional sehingga meski diajarkan dengan banyak jamaah tetap bisa merasuk ke dalam sanubari santri,” kata Gus Rahmat bersahaja.

“Lain dari itu, membumikan aswaja bagi semua santri sebagai benteng iman santri terhadap beragam gejolak global diisi langsung oleh kyai. Kami di formal memanajemen pengelolaannya semenarik mungkin mislanya dilombakan dan sebagainya, agar memikat santri untuk belajar dan mendalaminya secara masif.” Tambahnya.

“Berkenaan dengan prestasi, Nuris secara umum memang mempunyai pengelolaan bakat minat siswa secara khusus. Termasuk di SMP Nuris terdapat M-Sains, ekskul unggulan, pengembangan bahasa asing, pengajian Alquran dan lain-lain. Itu semua ditangani profesional agar mampu mendidik siswa secara unggul.” Tegas Gus Rahmat kepada Pak Yoss.

“Semoga pertemuan ini semakin meningkatkan tali silaturrahmi dan saling mendukung dalam pengembangan program unggulan agar SMP Nuris maupun SMP Argopuro bisa mencetak  generasi berkualitas di masa depan.” Tutur Gus Rahmat, kepala SMP Nuris, saat menutup studi banding tersebut. [Faizal]

Related Post