Program Keahlian SMK Nuris Jember Tersertifikasi LSP

Nuris – Pada tanggal 28 Mei 2016, kantor BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) resmi mengadakan penyerahan Sertifikat Lisensi LSP (Lembaga Sertifikasi Prifesi) P1 pada jurusan TKR dan TKJ SMK Nuris Jember yang diterima langsung oleh kepala sekolah SMK Nuris Drs Haryono.

(Baca juga: Silaturahmi Dua Pesantren dan Napak Tilas Kepahlawanan KHR. As’ad Syamsul Arifin)

“Alhamdulillah, dengan peresmiannya LSP tersebut, mulai tahun ini kita pihak sekolah terutama pihak yayasan merasa bangga karena sudah bisa mengantar anak didik kita terjun ke lapangan  kerja GO ASEAN.” Ungkap beliau.

LSP sendiri didirikan oleh Presiden RI Joko Widodo yang berada di bawah naungan BNSP. Tujuannya tak lain ialah membentuk peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di Indinesia agar dapat bersaing di kancah internasional. Sehingga seluruh siswa dapat terjun langsung dalam lapangan kerja tingkat nasional terutama di tingkat MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Fungsi Sertifikat Lisensi LSP mengijinkan pihak pemegang LSPuntuk menguji anak didiknya yang ingin memiliki Sertifikat Keahlian atau Sertifikat kompetensi diri mereka masing-masing.

“Adapun persyaratan untuk memenuhi permohonan LSP tersebut kita harus melengkapi dokumen-dokumen persyaratan, dan waktu itu kita sudah lima kali dalam memperbarui dokumen-dokumen itu. Selain itu siswa harus berjumlah kurang lebih seribu anak didik.”Tambah Didit Sulistio S.Pd.

“Sebenarnya, perusahaan luar negeri tidak membutuhkan ijasah kelulusan calon karyawan mereka, akan tetapi membutuhkan Sertifikat Keahlian sebagai bukti mereka telah memiliki keahlian dalam standart  nasional yang di keluarka oleh induk Indonesia.” Tambah lagi  pak Dani Suherman S.T. selaku kepala LSP di SMK Nuris. [RED/Mil/Yek]

sertifikat-lisensi-lsp

 

 

Related Post