SMA Nuris Jember Raih Juara 3 Robotika Se-Jawa Bali

Pesantren Nuris – SMA Nuris Jember kembali meraih juara 3 lomba robotika yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang (12/11). Tahun lalu, SMA Nuris juga mendapatkan  Juara 3 Lomba Robotika se-Jawa Bali, di Universitas Brawijaya Malang.

(Baca juga: Pesantren Nuris Jember Siap Terjunkan 180 Santri Dalam Program Abdi Masyarakat)

SMA NurisJember mengeluarkan 2 tim. Tim pertama Nidhom (XI IPA), Abrorun (X IPS), Muhammad Shahrul (X IPS) sedangkan tim kedua terdiri dari M. Firman Romadhon (X IPS), Royhan Ahmad (X IPA ) dan Nur Indra Yanto (X IPA). Tim kedua inilah yang berhasil meraih juara di ajang perlombaan tersebut.

Pada lomba kali ini diikuti oleh 20 tim dari sekolah yang tersebar di Jawa dan Bali. Lomba dilakukan dalam tiga babak. Babak penyisihan  (20 tim), babak semifinal (8 tim) dan babak final (6 tim).

Line Follower adalah nama alat yang digunakan dalam lomba tersebut. “Ini sejenis mobil balap. Ya, semacam Tamia gitu,” ujar Nur. Dalam hal ini, ± 10 meter lintasan yang digunakan dalam lomba balap mobil tersebut.

Sementara itu, Rayhan mengatakan, “Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi kami, ikut kejuaraan robotika se-Jawa Bali dan mampu menjadi juara.”

Menurut Yusron, selaku tentor M-Sains Robotika, mereka berlatih hanya selama satu minggu sebelum lomba terlaksana. “Latihan yang intens dan dukungan orang tua kunci suksesnya,” ungkapnya.

Firman berujar, “Harapan saya ke depannya ada inspirasi-inspirasi lain dari teman-teman supaya menjadikan SMA Nuris bisa lebih maju lagi.”

Disisi lain, Gus Robith Qoshidi, Lc, selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam sekaligus kepala SMA Nuris Jember, mengaku bangga pada anak didiknya tersebut. “Saya bangga sekali, meskipun dari pesantren, kita bisa juara di Universitas terbaik no. 5 di Indonesia. Kedepan saya berharap, siswa nuris bisa mendalami ilmu robotika dan teknologi agar Indonesia  bisa bersaing dengan negara- negara maju seperti Jepang, Korea dan Amerika. [Lut/Bil/Red]

Related Post