Wakil Gubernur Jatim dan Bupati Jember Launching Mobil Golf (MORIS) Karya Santri Nuris

Pesantren Nuris – Bagaimanakah jika santri, yang sehari-hari hanya pergi mengaji bisa memproduksi sebuah mobil bertenaga listrik dan tentunya ramah lingkungan? Luar biasa bukan?

Santri Nuris, tepatnya santri dari lembaga SMK Nuris mampu memproduksi mobil golf atau nama paten yang digunakan adalah “MORIS (Mobil Nuris)”. Tafif Kamil, Fathur Rahman, dan kawan-kawan merupakan perancang mobil tersebut, dengan kemampuan yang luar biasa mereka mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari seluruh civitas akademika di kampus Nuris.

Baca juga : (Super Sekali!!! Siswa SMK Nuris Jember Mampu Memproduksi Mobil Mini, Tanpa Bantuan Tenaga Ahli Dari Amerika, Jepang Maupun Korea)

Kemarin, (19/02) KH. Saifullah Yusuf atau akrab dipanggil Gus Ipul, Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus salah satu Ketua PBNU, Bersama dengan dr. Hj. Faida, M.MR. selaku Bupati Jember dan KH. Yahya Staquf dari PBNU meresmikan MORIS tersebut didampingi Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris yakni KH. Muhyiddin Abdusshomad. Peresmian ditandai dengan demo atau simulasi  yang dilakukan dengan mengendarai mobil tersebut keliling Pesantren Nuris dari halaman belakang pesantren hingga halaman depan. Seluruh santri yang melihat kejadian tersebut nampak sangat bahagia.

img-20170220-wa0001

“Saya sangat bangga, bahwa santri tidak hanya pandai membaca kitab, namun juga menguasai teknologi. Semoga santri-santri di sini kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa.” Sepotong pesan dari tausiyah Gus Ipul saat hadir di tengah-tengah santri Nuris. Sebagaimana harapan Gus Ipul bahwa pesantren sekarang harus mengikuti arus zaman teknologi dengan mempertahankan budaya ke-pesantrenannya. Tausiyah yang disampaikan oleh Gus Ipul mampu menjadi motivasi besar bagi para santri, menjadi lecutan semangat yang sangat luar biasa.

Apresiasi yang luar biasa juga disampaikan oleh Bupati Jember kepada Pesantren Nuris dan Tim MORIS (Mobil Nuris). Bu Faida bersama Pihak PEMKAB JEMBER akan memesan MORIS untuk shuttle pendopo bupati ke kantor PEMKAB. Hal tersebut sebagai bukti bahwa pemkab Jember sangat mendukung dan mengapresiasi agar anak bangsa terus berkarya, khususnya putra daerah. Pemesanan Moris juga sebagai langkah awal agar MORIS siap dijual di pasaran. Di samping itu , yang paling utama Moris juga menjadi solusi bagi Indonesia khususnya Jember untuk mengurangi polusi udara dari asap kendaraan. Apresiasi dari bupati tersebut akan menjadi pemicu semangat para santri untuk lebih  semangat berkarya. [Aisyi/Red]

img-20170219-wa0015

Related Post