Bedah Buku Ayat-ayat Semesta Bersama Agus Purwanto: Love Alquran and Sains

Pesantren Nuris- Talk show Membumikan Sains dengan Metode Tahajjud Fisika digelar di Pesantren Nuris Jember, Sabtu (26/8/2017). Acara ini berlangsung begitu seru dengan pemateri seorang Fisikawan asal Jember, Agus Purwanto D.Sc. penulis buku Ayat-ayat Semesta.

Talk show ini diisi dengan bedah buku “Ayat-ayat Semesta” karangan Agus Purwanto. Agus Purwanto seorang Fisikawan yang kini sebagai dosen FMIPA Fisika Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Gus Robith Qoshidi, Lc., pengasuh yayasan Nurul Islam Jember membuka acara tersebut secara langsung.

Dalam acara tersebut Ahmad Faisal staff Kasi Ekskul non akademik tingkat SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris serta SMP dan MTs Unggulan Nuris bertugas sebagai moderator. Nuris menjadi tempat ke 181  bedah buku tersebut, sebab sebelumnya acara tersebut sudah digelar di beberapa wilayah baik dalam maupun luar negeri.

Inti dari bedah buku tersebut adalah adanya hubungan antara filsafat, bahasa Arab, dan Sains. Siswa SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris yang tergabung dalam ekstrakurikuler Sosio-Sains mengikuti acara tersebut. Mereka terlihat begitu antusias, seolah penasaran dengan hubungan antara Alquran dan sains dan ingin mengembangkan sains di Indonesia.

Agus Purwanto menyampaikan materi dengan gaya yang mudah dipahami siswa. Antusias siswa semakin bertambah ketika Agus Purwanto memberikan sebuah jargon, yaitu ketika dia bilang Nuris maka santri harus menjawab love Alquran and Sains.

Di sesi tanya jawab, tidak sedikit dari mereka yang berebut untuk bisa bertanya kepada pemateri. Pertanyaan yang mereka sampaikan juga sangat berkelas. Tim hadrah Nuris (Ashabul Muhyi), paduan suara, serta musikalisasi puisi Nuris juga turut meriahkan acara itu.

“Saya bangga bisa menjadi moderator di acara berkelas seperti ini. Bertemu langsung dengan seorang fisikawan hebat yang juga penulis hebat. Banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan salah satunya adalah mengembangkan sains dengan berpegang teguh pada Alquran.” Ungkap Ahmad Faisal moderator acara tersebut.

(Baca juga:Gaya Orasi Bung Karno Ala Santri Nuris Juarai Lomba Pidato Tingkat Kabupaten Jember)

Sebelum acara berakhir, Agus Purwanto sempat membacakan sebuah soneta karyanya yang berjudul Permainan. Hal ini dilakukannya sebagai puisi balasan untuk santri Nuris setelah dibacakan puisi yang mengisahkan sosok Agus Purwanto oleh salah satu santri Nuris.

“Melalui bedah buku ini, kecintaan saya terhadap sains semakin bertambah. Cita-cita saya untuk menjadi fisikawan semakin kuat.  Love Alquran and sains.” Ungkap Fajri salah satu anggota Msains. (Red/Yuv/Af)

 

 

Related Post