Coba Ikuti Lomba Baca Kitab, Siswa MTs Unggulan Nuris Raih Piala Provinsi

Pesantren Nuris – Ekstrakurikuler nonsains Nuris semakin kibarkan sayapnya dengan capaian prestasinya. Kali ini, anggota ektrakurikuler kitab MTs Unggulan Nuris Jember berhasil juarai lomba kitab Jurumiyah-Matn dan Fathul Qorib tingkat SMP/sederajat se-Jawa Timur.

Wildan Hidayat  siswa MTs Unggulan Nuris Jember kelas IX B berhasil dapatkan  juara harapan 2 dalam ajang MOSAIC  (Majesa Olimpiade Sains Agama Retorik) 2018 yang digelar oleh MAN 1 Jember. Ajang ini menjadi agenda tahunan di MAN 1 Jember dalam mencari bakat dan siswa berprestasi (20/01/2018).

Siswa MTs Unggulan Nuris Jember tersebut berhasil bersaing dengan enam puluh peserta asal SMP/sederajat se-Jawa Timur. Di babak penyisihan tersebut, kitab yang dilombakan adalah kitab Jurumiyah-Matn untuk diambil sepuluh peserta terbaik untuk berlanjut ke babak final. Berbeda dengan babak penyisihan, di babak final kitab yang dilombakan adalah kitab Fathul Qorib untuk diambil lima peserta terbaik.

Juara 1 lomba  kitab dalam ajang MOSAIC  (Majesa Olimpiade Sains Agama Retorik) 2018 tersebut adalah Ahmad Habibul W asal MTs As-Sunnariyah. Thoqiqul Aziz asal  MTs Mambaul K.I sebagai juara 2, Sulton Romani asal MTs Negeri 1 Jember, M. Abdurahman asal MTs Darul Hikam sebagai juara 4. Pemenang mendapatkan piala,, sertifikat, dan piala.

(Baca juga: Raih Juara 3 Khitobah Se-Jawa Timur, Royhan Afthon Syadida, Kebanggaan MTs Unggulan Nuris)

Wildan Hidayat memang terkenal sebagai siswa berprestasi  di madrsah tersebut. Sebelum juarai lomba baca kitab Jurumiyah-Matn dan Fathul Qorib, dia juga pernah tampil sebagai juara 1 dalam ajang MOSAIC  (Majesa Olimpiade Sains Agama Retorik) 2017 cabang lomba pidato Bahasa Arab.

“Saya ingin sekali berprestasi di berbagai bidang. Kali ini saya coba untuk mengikuti lomba baca kita untuk menguji kemampuan saya di bidang kitab Jurumiyah-Matn dan Fathul Qorib, Alhamdulilah, saya bisa tampil sebagai pemenang dan mengharumkan nama MTs Unggulan Nuris Jember,” Ungkap Wildan. “Saya akan berlatih lebih giat lagi di bidang kitab,” imbuhnya.

(Baca juga: Juara 3 Baca Kitab, Tingkat NASIONAL)

Dalam lomba tersebut, MTs Unggulan Nuris Jember mengirimkan tiga wakilnya yaitu, Muhammad Sirojuddin Sa’id, Wildan Hidayat, dan Agok Prasetyo. Sebelum mengikuti lomba, ketiganya mengikuti pembinaan intensif bersama Ustad Agus Supriyadi yang juga pembina ekstrakurikuler kitab MTs Unggulan Nuris Jember selama satu minggu.Ketiga siswa yang pandai baca kitab tersebut, merupakan anggota ekstrakurikuler kitab yang melakukan pembinaan intensif seminggu dua kali.

Sudah banyak prestasi yang ditorehkan MTs Unggulan Nuris Jember di berbagai bidang. Mulai dari bidang Sains, pidato bahasa Arab, bahasa Inggris, Kitab, dan lain-lain. “Bangga sekali dengan prestasi anak-anak saya. Semoga prestasi MTs Unggulan semakin banyak dan meluas di berbagai bidang,” tutur Ning Kholidiya kepala MTs Unggulan Nuris Jember. (Red/Yuv)

Related Post