Arina Makrifatul, Penyair Muda Berbakat dari SMP Nuris Jember, Juara Cipta Baca Puisi Kabupaten

Arina Makrifatul, Penyair Muda Berbakat dari SMP Nuris Jember, Juara Cipta Baca Puisi Kabupaten

Pesantren Nuris – Arina Makrifatul, Siswa Kelas IX C SMP Nuris Jember, membuat bangga almamaternya karena prestasinya di bidang cipta baca puisi. Dia mampu menyisihkan 40 peserta dari berbagai sekolah di Kabupaten Jember, hingga merebut juara 3 di ajang Semar Mesem di SMK Al Qodiri Jember tersebut (03/02/2018).

Sebelum perlombaan membaca puisi dimulai, Arina Makrifatul menulis puisi sesuai dengan tema yang ditentukan oleh panitia yakni, Al Qodiri. Cukup dengan pembinaan selama sepekan, Arina mampu menuangkan ide kepenyairannya dengan judul Oase. Bersama Rulining Febriana Maharani, Guru Bahasa Indonesia SMP Nuris Jember ini, akhirnya puisi bertema Al Qodiri itu rampung.

(baca juga: Berbekal Kerajinan dan Ketekunan, Siswa SMP Nuris Jember Ini Jawara Olimpiade Kabupaten)

“Cukup sulit sih ngarang puisinya. Bukan soal idenya sulit, melainkan temanya terpaku soal Al Qodiri. Sementara saya kan mondok di Nuris, tak tau sekali soal gimana pondok dan Makrifatul sekolahnya. Alhamdulillah berkat bimbingan Bu Ruli akhirnya rampung juga.” Kata Arina, siswa SMP Nuris Jember langganan juara puisi ini.

“Setelah puisinya rampung, saya juga belajar membacanya. Kan di Ekskul Puisi sudah ada Pembina yang ahli seperti Mas Ferick. Jadi, selain dengan Bu Ruli di sekolah, saya juga dibina oleh beliau. Ada empat anak yang dibina, tapi hanya dua anak yang masuk final hingga saya meraih juara 3.” Imbuhnya.

Perlombaan cipta baca puisi ini dilalui dalam dua babak yakni,  babak penyisihan dan babak final. Di babak pertama semua peserta membaca puisi ciptaannya, dan diambil 5 terbaik. Delegasi Nuris yang lolos babak final yakni, Alfi Salsabila, siswa kelas 9 MTs Unggulan Nuris dan Arina Makrifatul. Setelah babak final, anak-anak diminta memahami dan membaca puisi pilihan panitia dengan jeda waktu kurang dari 1 jam.

(baca juga: SMP Nuris Jember, Sekolah Pilihan Keluarga Bayu Gatra Timnas U23)s jember

Di babak final tersebut, Arina dan Alfi belajar keras memahami puisi yang didampingi oleh Mas Ferick. Kemudian tampil secara spontanitas hingga dewan juri menentukan para juaranya. Mereka yakni, Khurien Rahma dari SMPN 12 Jember sebagai juara 1, Syafira Ananda dari SMPN 1 Jember sebagai juara 2.

“Meski hanya sebagai juara 3, ini prestasi yang cukup memuaskan. Kami sudah berlatih keras, memberikan yang terbaik dan ini patut kami syukuri. Semoga prestasi SMP Nuris Jember terus meningkat seiring waktu. Amin.” Ungkap Suharto, Waka Kesiswaan SMP Nuris Jember, mengapresiasi prestasi siswanya.[AF.Red]

 

Related Post