Juara 1 KSM Mapel Kimia 2018, Novinka Siswa Genius dari MA Unggulan Nuris

Juara 1 KSM Mapel Kimia 2018, Novinka Siswa Genius dari MA Unggulan Nuris

Pesantren Nuris – Novinka Sinta, siswa kelas XI IPA A MA Unggulan Nuris, torehkan prestasi membanggakan pada ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) 2018 di MAN2 Jember (03/03/2018). Dia menyisihkan puluhan peserta terbaik dari madrasah aliyah yang berada di kawasan Kabupaten Jember sebagai juara 1, dan berhak mewakili Kabupaten Jember untuk mengikuti KSM tingkat provinsi pada pertengahan April mendatang.

Sebelumnya, siswa genius asal MA Unggulan Nuris ini telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Sebab, KSM merupakan kompetisi bergengsi yang diselenggarakan pemerintah secara rutin tiap tahunnya. Melalui pembinaan intensif bersama guru Kimia di MA Unggulan Nuris, serta program pembinaan sistematis dari Ekstrakurikuler Sains yang dikelola oleh Tim Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember, akhirnya Novinka mampu rebut juara 1.

(baca juga: Meski Sibuk Persiapan Ujian Akhir, Azizah masih Ngebut Raih Juara MTQ Provinsi di UNISMA)

“Mempersiapkan siswa dalam ajang KSM ini telah terprogram sejak tahun ajaran baru dimulai. Ini merupakan salah satu target kami untuk meraih banyak prestasi. Alhamdulillah berkat kurikulum yang tinggi dan Pembina yang mumpuni, anak kami, Novinka, bisa mewakili Jember ke Surabaya. Semoga bisa sukses dan tembus nasional,” ungkap Desy Maya Fitriyah, selaku Koordinator Ekstrakurikuler Sains Nuris.

Prestasi ini menambah koleksi dan meningkatkan trend positif atas raihan juara MA Unggulan Nuris dalam ajang KSM tersebut. Jika tahun 2017 lalu MA Unggulan Nuris meloloskan satu siswa untuk mewakili Kabupaten Jember ke tingkat provinsi bidang matematika atas nama Risqa Alfiani, kini MA Unggulan Nuris meloloskan 2 siswanya. Mereka adalah Novinka Sinta dan Wardatul Fitriyah pada mapel Biologi.

(baca juga: Juara MQK se-Provinsi Jawa Timur, Siswa MA Unggulan Nuris Bersaing dengan Santri Salaf di Ponpes Nurul Jadid)

Ning Balqis Al Humairo, Kepala MA Unggulan Nuris mengungkapkan, “Saya bangga atas capaian anak kami di ajang KSM tersebut. Setiap tahun kami istiqomah meloloskan anak didik kami ke tingkat provinsi. Bahkan, pada tahun 2015 anak kami satu-satunya dari Kabupaten Jember yang lolos final atau 6 terbaik di tingkat provinsi. Semoga Novinka dan Warda yang nantinya berkompetisi lagi di tingkat yang lebih tinggi juga bisa menuai sukses.”[AF.Red]

 

Related Post