SMK Nuris Jember Rebut Juara 3 LDBI, Tembus Dominasi Sekolah Negeri di Kabupaten Jember

SMK Nuris Jember Rebut Juara 3 LDBI, Tembus Dominasi Sekolah Negeri di Kabupaten Jember

Pesantren Nuris – SMK Nuris Jember menambah koleksi piala setelah meraih juara 3 Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) di SMAN 2 Jember (18/03/2018). Lomba yang rutin diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kantor Pendidikan Nasional Kabupaten Jember ini terbilang bergengsi sebab salah satu pemetaan potensi akademik atau keterampilan siswa diukur melalui ajang tersebut.

Tim Debat SMK Nuris Jember ini berasal dari siswa terbaik di kelas X TKR. Mereka yakni, Riki Setiyawan, Muhammad Iklil, dan Muhammad Ivan Dani. Mereka dilatih di Ekstrakurikuler Debat dan Pidato Bahasa Indonesia dengan pembina yang profesional. Untuk ajang LDBI ini, mereka hanya butuh waktu 3 hari untuk mempersiapkan.

(baca juga: Menang dengan Skor 3-2, SMK Nuris Jember Lolos Babak 16 Besar di Ajang Grandiori Cup 2018)

LDBI khusus sekolah menengah kejuruan ini diikuti oleh 11 tim terbaik dari Kabupaten Jember. Terdapat 9 sekolah negeri mulai dari SMKN 1 Jember hingga SMKN 9 Jember, selebihnya SMK Nuris Jember dan SMK Kesehatan Soebandi. Mereka beradu argumen dengan mosi yang telah ditentukan oleh pemeintah melalui petunjuk teknis yang disediakan.

Untuk mendapatkan para juara debat ini, panitia menggunakan sistem peringkat di babak penyisihan. SMK Nuris Jember mendapat perlawanan sengit dengan SMKN 5 Jember. Namun, karena poin tim dan individu SMK Nuris Jember terbilang baik maka mereka lanjut di babak kedua. Begitu pula dengan SMKN 5 Jember.

Di babak delapan besar tersebut, SMK Nuris Jember meladeni SMKN 6 Jember dan mampu menang telak. Kemudian SMK Nuris Jember kalah dengan tim debat dari SMKN 2 Jember di babak semifinal hingga akhirnya mereka hanya puas sebagai juara 3 LDBI se-Kabupaten Jember. Sedangkan juara 1 diraih oleh SMKN 2 Jember, dan juara 2 diraih oleh SMKN 5 Jember.

(baca juga: Terampil dan Cekatan, Siswa SMK Nuris Jember Handle Laboratorium Komputer untuk UNBK)

“Ini pengalaman pertama yang membanggakan. Meski baru ikut tim kami sangat solid dan mampu raih juara 3 LDBI ini. Alhamdulillah kami menembus dominasi SMK negeri dan sejajar dengan mereka. Semoga prestasi SMK Nuris Jember terus bertambah dan semkain jaya.” Ungkap Riki Setiayawan.[AF.Red]

Related Post