Optimis dan Percaya Diri, Dua Siswa SMA Nuris Jember Juara Olimpiade Bahasa Inggris Jatim

Pesantren Nuris– SMA Nuris Jember kembali juarai olimpiade bahasa Inggris. Kali ini, dua siswa sekolah tersebut berhasil dapatkan juara 2 dan 3 olimpiade bahasa Inggris se-Jawa Timur. Olimpiade tersebut digelar dalam rangka semarak FKIP Universitas Muhammadiyah Jember (23/04/2018). Olimpiade tersebut dilaksanakan di gedung FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) Universitas Muhammadiyah Jember.

Dua siswa SMA Nuris Jember tersebut adalah Nais Septia Ningrum peraih juara 2 dan  Utari Isni peraih juara 3. Sebelum dinobatkan sebagai juara, keduanya harus bersaing dengan kurang lebih 80 peserta dari berabagai daerah di Jawa Timur. Olimpiade tersebut terdiri dari tiga babak. Babak penyisihan dengan model mengerjakan 50 soal pilihan ganda dan diambil 20 peserta dengan nilai tertinggi.

Di babak berikutnya, 20 peserta tersebut harus kembali mengerjakan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal dan writing recount text dengan tema ditentukan oleh panitia. Dari babak kedua tersebut, diambil 5 peserta dengan nilai tertinggi untuk berlanjut ke babak final. Di babak final, kelima peserta tersebut mempresentasikan “The Impac of Game Online” dan “How to Balance Between Study and Play”.

Tampil sebagai juara bukanlah hal yang mudah bagi kedua siswa SMA Nuris Jember tersebut. Pasalnya, mereka harus rajin membaca buku kurang lebih 1 jam sehari, latihan soal-soal olimpiade bahasa Inggris minimal 50 soal sehari, dan rajin beribadah kepada Allah SWT. Ketika kompetisi berlangsung, Nais Septia dan Utari Isni selalu berfikir bahwa dia memiliki kemampuan yang sama dan tetap percaya diri.

“Ketika mengikuti kompetisi, kami berusaha untuk tenang karena kami yakin semua peserta memiliki kemampuan yang sama. Selain itu, kami selalu berusaha untuk tampil dengan percaya diri,” kata dua siswa SMA Nuris Jember tersebut.  “Semoga prestasi kami semakin meningkat dan kembali membanggakan orang tua serta almamater kami SMA Nuris Jember, “ tambahnya.

(baca juga: Juarai Olimpiade Bahasa Inggris se-Eks Keresidenan Besuki, Bukti SMA Nuris Jember Jadi Sekolah Idaman)

Dua piala yang berhasil dikantongi siswa SMA Nuris Jember tersebut, tambah koleksi piala sekolah tersebut. Di tahun pelajaran 2017/2018 ini, sekolah tersebut berhasil kumpulkan kurang lebih 50 piala. “Alhamdulilah, kian tahun prestasi kami semakin meningkat. Semoga SMA Nuris Jember semakin berlimpah dengan prestasi, “ tutur Gus Robith Qoshidi, Lc., kepala SMA Nuris Jember.

(baca juga: Mahir Berbahasa Inggris, Nur Laylatul Izzah Gondol Juara Speech Contest di Ponorogo)

Diraihnya prestasi tersebut berkat model management yang baik oleh tim penjamin mutu siswa yayasan Nurul Islam Jember. Tim tersebut berkolaborasi untuk memberikan pembinaan kepada siswa dengan mendatangkan tentor-tentor yang mumpuni di bidangnya. (Red/Yuv)

 

Related Post