Solusi Cerdas SMA Nuris Jember Tentukan Penjurusan Siswa Baru

Pesantren Nuris– Penjaringan siswa baru SMA Nuris Jember benar-benar ketat dan tersistem. Pasalnya siswa baru SMA Nuris Jember diwajibkan mengikuti Placement Test atau tes penjurusan IPA dan IPS. Placement Test ini, diikuti oleh seluruh siswa baru SMA Nuris Jember  dan dilaksanakan selama dua hari. Untuk tes mata pelajaran IPA dilaksanakan Sabtu, 30 Juni 2018. Sedangkan, untuk tes mata pelajaran IPS dilasakanakan pada hari Senin, 2 Juli 2018.

(baca juga: Berprestasi dalam Bahasa Inggris, 5 Siswa SMA Nuris Jember dapat Beasiswa Pembinaan ke Pare)

Kurang lebih 180 siswa baru SMA Nuris Jember ikuti ujian tersebut. mereka harus mengerjakan soal pilihan ganda dari beberapa mata pelajaran Ujian Nasional. Mata pelajaran yang diujikan di antaranya Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Geografi, dan Ekonomi. Jumlah soal yang diujikan 20 soal untuk masing-masing mata pelajaran.

Bagi siswa baru SMA Nuris Jember yang memiliki nilai bagus atau di atas 60  mata pelajaran IPA akan masuk ke jurusan IPA. Begitu pula untuk jurusan IPS. Tingkat kesulitan soal yang dikerjakan setara dengan soal Ujian Nasional tingkat SMP.

Seluruh siswa baru ikuti tes tersebut dengan antusias. Mereka berharap sekali bisa diterima di jurusan yang mereka inginkan. “Saya harus mengerjakan Placement Test ini dengan baik untuk bisa diterima di jurusan yang saya inginkan. Semoga saya bisa diterima di jurusan yang saya inginkan dan juga menjadi siswa berprestasi,” kata salah satu siswa baru SMA Nuris Jember.

(baca juga: Prestasi Terbaru SMA Nuris Jember, Juara Kabupaten hingga Nasional)

Melalui Placement Test ini, diharapkan bisa memutuskan jurusan untuk siswa baru sesuai dengan kemampuan mereka. “Saya berharap sekali Placement Test ini bisa menempatkan siswa sesuai dengan kemamuan dan jurusan yang diinginkan. Semoga siswa baru SMA Nuris Jember semakin berprestasi,” kata Hilmi Bin Abdusalam, staf waka kurikulum SMA Nuris Jember. (Red/Yuv)

 

 

Related Post