Mulai UNEJ, ITS Surabaya, UNDIP di Semarang, juga Lolos SBMPTN di Universitas Indonesia

Pesantren Nuris – Kabar gembira bagi SMA Nuris Jember. Pasalnya puluhan siswa SMA Nuris Jember berhasil diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pengumuman SBMPTN dilaksanakan serempak pada Selasa, 3 Juni 2018.

Sementara lima puluh satu siswa SMA Nuris Jember dipastikan menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri yang menyebar di berbagai wilayah. Untuk tahun ini, siswa SMA Nuris Jember yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN lebih banyak daripada tahun kemarin dan lebih menyebar ke beberapa Perguruan Tinggi.

(baca juga: sDominasi Kemenangan, SMA Nuris Jember Juara Umum Semarak FKIP UNMUH Jember 2018)

Kelima puluh satu siswa SMA Nuris Jember tersebut diterima di berbagai perguruan tinggi mulai dari Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Institut Sepuluh November, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Surabaya, hingga Universitas Indonesia. Rincian siswa SMA Nuris yang lolos SBMPTN 2018 di antaranya, 42 siswa di Universitas Jember, 4 Universitas Brawijaya, 1 siswa di Universitas Negeri Malang, 1 siswa di ITS, 1 siswa diterima di Universitas Udhayana, 1 siswa di Universitas Diponegoro, dan 1 siswa di Universitas Surabaya.

Selain diterima di PTN bergengsi, siswa SMA Nuris Jember juga diterima di jurusan yang notabene keren dan diburu banyak siswa. Beberapa jurusan tersebut di antaranya Admnistrasi Negara, Ilmu Gizi, Sistem Informasi, Ilmu Keperawatan, MIPA, Adminditrasi Perpajakan, dan lain-lain.

Keseluruhan prestasi SBMPTN 2018 ini, merupakan wujud kerjasama yang baik antara pihak Bimbingan Konseling (BK) dengan siswa. Bapak dan Ibu guru BK selalu membantu siswa SMA Nuris Jember untuk memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan keinginan mereka. Dengan tlaten mereka selalu memotivasi dan menyemangati siswa SMA Nuris Jember.

“Mendengar dan melihat mereka diterima di beberapa PTN bergengsi di Indonesia sudah sangat bangga sekali. Alhamdulilah, itu semua sudah menjadi rejeki mereka,” kata Ibti Ulatari, guru BK SMA Nuris Jember dan juga koordinator BK yayasan Nurul Islam Jember.

Total siswa SMA Nuris Jember yang mendaftar SBMPTN adalah 80 siswa. Mereka sudah memiliki tujuan masing-masing. Selain itu, mereka sangat mudah untuk diarahkan. “Dari awal saya sudah menekankan pada mereka untuk tidak bersaing dengan teman sendiri. Jadi ketika teman yang memilih jurusan yang sama di universitas yang sama, maka teman yang lain sadar dengan sendirinya untuk memilih universitas yang lain, “tambahnya.

(baca juga: Prestasi Terbaru SMA Nuris Jember, Juara Kabupaten hingga Nasional)

Di jalur SBMPTN ini, peserta diberi kesempatan untuk memilih tiga jurusan yang berbeda. Boleh di universitas yang sama maupun berbeda. Oleh karena itu, kejelian untuk menentukan peluang sangat dibutuhkan. Beberapa siswa SMA Nuris Jember yang lolos SBMPTN 2018 dan diterima di PTN bergengsi merupakan siswa yang tergabung di Msains (Madrasah Sains), mereka merupakan siswa yang berprestasi dan memiliki jiwa kompetisi. (Red/Yuv)

Related Post