Seleksi Santri Unggulan di Pesantren Nuris Jember

Seleksi Santri Unggulan di Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Upaya Pesantren Nuris Jember mencetak santri berkualitas tidak hanya di lembaga formal saja, tetapi juga terlebih di ranah madrasah diniyahnya. Tepat pada hari Selasa, 17 Juli 2018 lalu, secara serentak setiap asrama menyelenggarakan seleksi santri unggulan madrasah diniyah khusus santri baru dari lembaga SMP, SMA, dan SMK Nuris Jember.

Khususnya di Asrama Putra Pusat Pesantren Nuris Jember, seleksi santri unggulan diikuti oleh 86 santri. Mereka mengikuti tes dengan mengerjakan soal materi fikih, tajwid, dan tes potensi akademik. Ada pun tujuan adanya seleksi santri unggulan ini untuk menampung minat santri menjadi mubtadiin yang ingin lebih intensif belajar kitab kuning.

(baca juga: Agenda Curhat Mingguan Santri Putri Nuris, Eratkan Kekeluargaan)

“Nanti keunggulan yang didapat 44 santri terpilih yakni, kegiatan pembinaan di kamar lebih  intensif, penambahan materi nahwu dan shorrof, dan insya Allah akan dibimbing sampai mahir baca kitab kuning.” Tegas Mohammad Syamsud Dhuha, selaku Waka Biro 1 Urusan Pendidikan di Pesantren Nuris Jember.

Pembentukan kelas santri unggulan ini merupakan salah satu program unggulan di Pesanten Nuris Jember. Melalui lembaga Madrasah Diniyah Tarbiyatul Mu’alimin Ula Unggulan Putra Pusat ini diharapkan dapat mewujudkan visi dalam membentuk karakter santri yang religious dan paham kitab kuning.

(baca juga: Selamat, Bejo, dan Berkah, Sangu Kyai untuk Santri sebelum Berkarier ke PT. Putra Perkasa Abadi)

“Untuk bagian putri seperti di Dhalem Timur atau Barat sudah ada pengurusnya masing-masing. Sedangkan khusus lembaga MTs dan MA Unggulan Nuris program kitab kuningnya sudah memang terintegrasi dalam program diniyah dan formal sekaligus. Mereka mendapat materi yang lebih banyak, intensif, dan padat.” Tambahnya.[AF.Red]

Related Post