Resensi Hatta, Aku Datang karena Sejarah: Meneladani Sosok Hatta

Judul buku        : Hatta, Aku Datang karena Sejarah

Pengarang       : Sergius Susanto

Penerbit           : Qanita PT Mizan Pustaka

Kota terbit       : Bandung

Tahun terbit     : 2013

Tebal buku      : 354 halaman

Peresensi         : Tamamun Nikmah

 

Sinopsis

Buku berjudul “Hatta, Aku Datang karena Sejarah” merupakan sebuah novel yang disusun karena kekaguman penulis terhadap sosok Hatta. Moh Hatta merupakan proklamator yang sederhana dan bersahaja. Buku ini menceritakan perjalanan sosok Hatta kecil yang bermimpi menempuh pendidikan di Mekkah. Namun, mimpi tersebut kandas dikarenakan sang Ibu yang tidak menginginkannya karena usia Hatta yang masih kecil. Sejak kecil Hatta dididik menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki akhlak yang mulia. Oleh karena itu Hatta tidak putus asa akan mimpinya yang tidak tercapai. Hingga pada usia tujuh belas tahun, Hatta membulatkan tekadnya untuk menempuh pendidikan di Jakarta.

(baca juga: Resensi Kian Bintang: Melalui Fantasi Menggapai Kejayaan)

Abdul Muis pernah berkata, anak-anak muda adalah harapan bangsa yang menjadi pemimpin bangsa di masa depan. Berkat kata-kata tersebut Hatta melanjutkan studinya di Belanda dan pada akhirnya dia terpilih menjad ketua Perhimpunan Indonesia. Hatta juga pernah di penjara bersama Syahrir dikarenakan beliau dianggap sebagai pemberontak pemerintah Belanda. Setelah kepulangannya ke Indonesia, Hatta meneruskan perjuangannya dan bertemu dengan Soekarno. Hingga akhirnya, beliau berhasil memerdekakan Indonesia dan terpilih menjadi wakil Presiden negara Republik Indonesia. Suatu ketika, Soekarno berubah menjadi lebih berphihak pada PKI. Rakyatnya  pun menjadi sengsara.  Hingga akhirnya, Hatta melepas jabatannya karena tidak sepaham dengan Soekarno.

Kelebihan buku

Buku berjudul “Hatta, Aku Datang karena Sejarah”, sangat menginspirasi para pembaca. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Pendeskripsian yang bagus membuat pembaca ikut merasakan cerita.

Kekurangan buku

Buku berjudul “Hatta, Aku Datang karena Sejarah” menggunakan alur maju mundur , sehingga mnejadikan pembaca harus berfikir ulang untuk kembali ke masa itu. Banyaknya nama-nama sejarah dan tahun yang sering membuat pembaca sedikit malas untuk mengingat angka.

(baca juga: Menghayati Perjuangan Seorang Ibu)

Nilai buku

Buku berjudul “Hatta, Aku Datang karena Sejarah” , cocok dibaca semua kalangan baik remaja, anak-anak maupun dewasa karena buku ini dapat menginspirasi kita bahwa kejujuran adalah salah satu modal dalam kehidupan. Buku ini juga memotivasi agar selalu berusaha untuk meraih mimpi.

Peresensi merupakan siswa SMA Nuris Jember dan anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post