Resensi Kian Bintang: Melalui Fantasi Menggapai Kejayaan

Judul buku       : Bintang

Penulis             : Tere Liye

Penerbit           : PT. GramediaPustaka Utama

Tebal Buku      : 380 halaman

Tahun terbit     : 2017

Peresensi         : Tamamun Ni’mah

 

Sinopsis

Dalam novel berjudul “Kian Bintang” menceritakan Raib, Ali, dan Sei adalah teman baik. Mereka duduk di bangku SMA tepatnya kelas XI. Penampilan mereka sama dengan murid-murid lainnta, tetapi sesungguhnya mereka menyimpan sebuah rahasia besar. Mereka memiliki kelebihan masing-masing. Raib yang dapat menghilang, Sei yang dapat mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Sedangkan Ali dapat berubah menjadi beruang raksasa. Mereka bertiga berpetualang ke dunia pararel yang tidak diketahui banyak orang yang disebut dengan claim bumi, bulan, matahari, dan bintang. Misi mereka untuk menyelamatkan dunia pararel dari kehancuran besar hingga pada akhirnya mereka dapat menyelamatkan dunia Pararel dari ratusan pasar bumi.

(baca juga: Pejuang Mimpi)

Kelebihan

Bahasa yang digunakan dalam novel berjudul “Kian Bintang” mudah dipahami oleh pembaca. Pilihan kata yang digunakan sudah familiar di telinga pembaca, sehingga mereka mudah memahami jalan cerita. Selain itu, mereka mudah menyimpulkan pesan yang terdapat dalam novel tersebut.

Kelemahan

Novel berjudul “Kian Bintang” dikemas kurang menarik dan terkesan membosankan. Sebab, dalam novel tersebut tidak dilengkapi dengan gambar animasi yang dapat menarik perhatian pembaca. Selain itu, ukuran huruf yang digunakan juga terlalu kecil.

(baca buku: Tidak Ada Alasan untuk Tidak Bermimpi)

Nilai buku

Novel berjudul “Kian Bintang” cocok dibaca para remaja. Sebab remaja merupakan masa-masa labil dalam menentukan jati diri. Novel tersebut dapat memotivasi para remaja untuk selalu bersungguh-sungguh dan memiliki tekad yang kuat dalam menggapai kesuksesan dan kejayaan. Sebab usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS 3 SMA Nuris Jember. Dia juga aktif sebagai anggota ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

 

Related Post