Seminar Sains Santri Bersama Agus Purwanto, D.Sc., Alumnus Hiroshima University Jepang

Pesantren Nuris – Madrasah Sains (MSains) Nuris selalu berusaha menciptakan generasi cerdas, berprestasi, dan berakhlaq. Salah satu terbosoan yang dilakukan adalah melaksanakan seminar untuk berikan bekal pada siswa anggota MSains Nuris. Baru-baru ini, MSains Nuris gelar seminar sains santri  bersama seorang fisikawan hebat, Agus Purwanto D.Sc. (1/8/2018).

Seminar Sains tersebut bertema “Membangun Sains Santri Berbasis Alquran Melalui Ayat-Ayat Semesta” dan dilaksanakan di masjid Baitun Nur Pesantren Nuris Jember. Seminar sains santri tersebut diikuti oleh seluruh siswa pilihan yang tergabung di Madrasah Sains mulai dari SMP dan MTs Unggulan Nuris serta SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris.

(baca juga: Bedah Buku Ayat-ayat Semesta Bersama Agus Purwanto: Love Alquran and Sains)

Agus Purwanto, D.Sc. yang juga ahli fisika teoritis dan penulis buku Ayat-ayat Semesta, langsung memberikan materi dalam seminar tersebut. Beliau menjelaskan hubungan antara sains dan kitab suci umat Islam dengan bahasa yang sangat mudah dipahami oleh siswa. Sehingga, peserta seminar tidak ngantuk dan semangat ikuti seminar tersebut. Tebukti, di sesi tanya jawab tidak sedikit peserta yang bertanya. Bahkan pertanyaan mereka sangat bermutu.

Gus Abdurahman Fathoni, selaku Humas Yayasan Nurul Islam Jember beserta Ning Balqis Al-Humairo turut hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Gus Abdu menyampaikan bahwa santri Nuris harus lebih baik, santri harus menemukan ilmu-ilmu baru yang tetap berpedoman pada Alquran. Sebab, setiap teori tidak dapat dilepaskan dari Alquran.

(baca juga: Kenali Lebih Dekat Sosok Agus Purwanto, D.Sc.)

Seminar sains santri ini bisa berjalan dengan lancar karena kerjasama yang baik antara tim Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. “Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk siswa kami, seminar ini kami laksanakan agar wawasan siswa semakin luas. Dengan berwawasan yang luas, mereka akan semakin berprestasi. Seminar ini akan terus kami agendakan, bahkan dalam waktu dekat ini kami akan menyelenggarakan bedah buku sastra bersama seorang sastrawan hebat dan juga seminar kitab,“ kata Mila Karmila, Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. (Red/Yuv)

Gambar siswa putra, peserta seminar sains dan Islam

Related Post