Perluas Dakwah Aswaja via Medsos, Asah Potensi Retorika Santri

Perluas Dakwah Aswaja via Medsos, Asah Potensi Retorika Santri

Pesantren Nuris – Video dakwah tentang ahlussunnah wal jamaah atau dikenal dengan aswaja dapat disaksikan di channel resmi Youtube Pesantren Nuris Jember, Channel Nuris. Sejak diluncurkan pada pekan pertama bulan September 2018, terdapat 3 video yang dapat kita jadikan bahan penambah pengetahuan.

Di antara topik video aswaja yang telah diluncurkan yakni, Aswaja di Nusantara, Pengertian Ahlussunnah wal Jamaah, dan Aswaja: Asya’irah dan Maturidiyah. Semua pemeran dalam video aswaja ini adalah siswa MA Unggulan Nuris yang memang berada dalam kelas khusus retorika Aswaja.

(link youtube channel nuris: Pengertian Ahlussunnah wal Jamah)

Abdullah Dardum, selaku pengampu kelas Retorika Aswaja MA Unggulan Nuris, menuturkan, “Ini berawal dari ide Gus Robith, Pengasuh Pesantren Nuris Jember, soal indikator keberhasilan kelas retorika aswaja yakni dengan adanya produk pembelajaran Aswaja. Jadi langsung kami upayakan membentuk tim untuk membuatnya.”

“Visi misi dalam kelas retotika aswaja di MA Unggulan Nuris dengan adanya video aswaja adalah untuk mencetak kader-kader handal yang menguasai dalil-dalil aqidah aswaja; dan melatih kemampuan retorika kader dalam menyampaikan argumentasi aqidah aswaja.”

(link youtube channel nuris: Aswaja: Asya’irah dan Maturidiyah)

Produksi video aswaja ini sebagai tuntutan zaman berkenaan dengan media digital sebagai wadah yang banyak diminati oleh masyarakat. Pengetahuan soal aswaja juga harus ditingkatkan melalui media sosial yang umum diminati banyak orang selain tulisan. Ini merupakan terobosan yang juga diinginkan oleh lembaga MA Unggulan Nuris dalam mencetak kader aswaja yang dapat dipelajari banyak orang via medsos seperti Youtube, facebook, whatapp, instagram dan lain-lain.

Ning Balqis Alhumairo, Kepala MA Unggulan Nuris turut mengapresiasi hasil produksi video aswaja yang diperankan oleh siswa-siswanya. “Tim yang telah kami buat mengupayakan memproduksi video aswaja setiap bulan. Alhamdulillah bulan September ini saja sudah ada 3 video yang diperankan oleh Elfi Maziyah, Dewi Mar’atul Izza, dan Hilayatul. Semoga dapat bermanfaat bagi semua orang yang melihat.”[AF.Red]

Related Post