PTS di SMA Nuris Jember Standar Nasional, Tingkatkan Kognitif Siswa

PTS di SMA Nuris Jember Standar Nasional, Tingkatkan Kognitif Siswa

Pesantren Nuris – Memasuki bulan September 2018, siswa di SMA Nuris Jember fokus mengikuti pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019 (PTS). Dimulai sejak hari Senin lalu, 03 September 2018, PTS di SMA Nuris Jember akan berakhir hari Sabtu depan, 15 September 2018.

Ada yang sedikit berbeda dengan pelaksanaan PTS di SMA Nuris Jember kali ini. Selain mata pelajaran yang sudah sesuai standar kurikulum 2013 dan revisi, PTS kali ini ditambah materi khusus try out Ujian Nasional lengkap dengan listening bahasa Inggrisnya. Di antara mata pelajaran khusus try out tersebut yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan peminatan.

“Ini merupakan instruksi terobosan Kepala SMA Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, untuk melaksanakan PTS sekaligus try out Ujian Nasional sesuai standarnya. Ada pula mata pelajaran matematika dasar yang diujikan sebagai tolok ukur kemampuan matematika siswa persiapan menghadapi Ujian Nasional ke depan.” Kata Diana, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum.

(baca juga: Fantastis, Nilai Toefl Siswa SMA Nuris Jember Nyaris Sempurna)

“Tujuan penyelenggaraan PTS berbasis Ujian Nasional ini agar siswa kami terbiasa dalam mengerjakan soal ujian akhir tersebut dengan baik. Kita tahu, rata-rata UN kali ini lumayan menurun secara nasional. Kami pun berupaya dalam mengejar hal itu sesuai potensi yang ada di sekolah kami.” imbuhnya.

Sebagai evaluasi hasil pembelajaran selama pertengahan semester, siswa di SMA Nuris Jember menyambut antusias PTS tersebut. Tak terkecali orang tua di rumah pasti menantikan hasil evaluasi PTS tersebut. Dalam beberapa hari pelaksanaan PTS yang tengah berlangsung, semua berjalan khidmat dan tertib.

Gus Robith Qoshidi mengungkapkan, “PTS tahun 2018 kali ini semoga berjalan sesuai rencana. Kami selalu melakukan berbagai metode dalam mengevaluasi hasil belajar siswa agar siswa kami memiliki kompetensi yang standar. Program pembelajaran yang telah berlangsung, harus mampu dibuktikan dengan nilai hasil optimal pada PTS ini.”[AF.Red]

Related Post