Sekokoh Tembok Raksasa China, Arofatul Uqufa Kejar Mimpi Kuliah Sampai ke Jinan University, Guangzhou

Sekokoh Tembok Raksasa China, Arofatul Uqufa Kejar Mimpi Kuliah Sampai ke Jinan University, Guangzhou

Pesantren Nuris – Rasa syukur dan bangga dirasakan alumni MA Unggulan Nuris tahus lulusan 2018 ini. Arofatul Uqufa meraih kesempatan mendalami bahasa Mandarin dengan beasiswa penuh di Universitas Jinan, di salah satu kota besar di Tiongkok, Guangzhou (29/10/2018).

Bersama ratusan siswa terpilih lainnya, gadis cerdas kelahiran Jember, 15 Maret 2000 ini, akan menempuh sarjana pendidikan bahasa Mandarin selama 4 tahun. “Tidak terkira rasa syukur saya atas kesempatan ini, seorang santri bisa kuliah ke negara sebesar China. Akan saya manfaatkan kesempatan ini untuk menggapai cita-cita dan menjadi insan kamil yang bermanfaat.”

Program perkuliahan yang diikuti oleh dara asal Tegal Gede, Sumbersari, Kabupaten Jember ini terbilang ketat. Untuk pendalaman materi dasar, dia harus menempuh pendidikan di Beijing, ibu kota negara Tiongkok, selama 2 semester. Setelah itu, gadis peraih juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Jember bidang mapel fisika 2017 ini, baru melanjutkan materi lanjutan hingga lulus di Kota Guangzhou, Universitas Jinan.

(baca juga: Juara 1 Constitutional Law Festival, Waliyam Mursyida Banggakan Almamater Nuris di Kancah Nasional)

Perkuliahan yang sudah dimulai per 1 September 2018 lalu, menjadi titik awal perjuangan Arofa melalangbuana hingga ke negara tirai bambu. “Berkat nyantri selama 6 tahun di Pesantren Nuris Jember, terbiasa dilatih mandiri, berkomitmen, dan bermimpi besar hingga kuliah keluar negeri, hingga akhirnya saya mudah beradaptasi dengan keadaan di China.”

“Malah saya senang sekali bisa berkenalan dengan orang Laos, Myanmar, Maroko, Mongolia, Thailand, Pakistan, dan banyak negara lainnya. Sekamar di asrama kami berempat dengan bahasa yang unik. Yang jelas kami melatih diri untuk bertoleransi seperti yang telah kyai ajarkan.”

Menjadi satu pengalaman yang mengesankan saat awal perkuliahan yakni, saat kunjungan ke tembok raksasa atau Great Wall di ibu kota China. Ungkap gadis yang bercita-cita menjadi dosen ini seraya mengungkap kebesaran Allah atas kehebatan bangunan besar yang menjadi salah satu keajaiban dunia tersebut.

(baca juga: Nambah Lagi, 2 Siswa Terbaik MA Unggulan Nuris Masuk Al Azhar Mesir dengan Beasiswa)

“Kunjungan ini program dari kampus dan gratis. Bagi semua mahasiswa baru diberi fasilitas untuk mengunjungi tempat fenomanal itu. Wah, sekokoh bangunan ini motivasi saya kuliah hingga ke luar negeri. Saya berhasil meraih puncak tembok raksasa ini. Semoga selalu diberi kemudahan dan kelancaran hingga lulus nanti.” Imbuhnya.

“Yang jelas sangat mengesankan kuliah di sini, saya berharap banyak santri di Pesantren Nuris Jember kuliah di sini. Terima kasih bapak ibu guru atas bimbingannya sehingga saya bisa sampai di sini. Saya sangat termotivasi, apalagi sistem pembelajaran di sini juga sangat ketat, setiap hari jam 08.00 saya harus membaca materi sebelum materi dimulai jam 08.30.” katanya.[AF.Red]

Nama : Arofatul Uqufa

Alumni : Lembaga MA Unggulan Nuris, 2018

Kuliah :Universitas Jinan, Jurusan Bahasa Mandarin

foto Arofatul Uqufa di depan gerbang Great Wall, China

foto Arofatul Uqufa saat di Puncak Great Wall, China

Related Post