Memuat Pesan Keilahian Tingkat Tinggi, Antologi Cerpen Ayu Novita Sari Segera Terbit

Memuat Pesan Keilahian Tingkat Tinggi, Antologi Cerpen Ayu Novita Sari Segera Terbit

Pesantren Nuris – Siapa tak kenal dengan penulis muda dengan segudang talenta ini? Cerdas, tekun, dan kreatif sangat layak disematkan kepada gadis asal Banyuwangi ini. Ayu Novita Sari, siswa kelas XII IPS 1 SMA Nuris Jember ini baru saja meraih prestasi cemerlang dalam lomba cerpen skala nasional tingkat umum yang diselenggarakan oleh LPDP Universitas Indonesia, Jakarta. Kini dia tengah menyiapkan gebrakan dengan menerbitkan buku antologi cerpen terbaiknya.

Para pecinta sastra khususnya dalam genre cerpen tentu tak sabar untuk segera membaca buku kumpulan cerpen Ayu ini. Bocoran informasi yang dihimpun oleh redaksi website pesanrennuris.net bahwa judul antologi cerpen tersebut adalah Gandrung Melarung Mendung. “Kumpulan cerpen yang akan terbit adalah cerpen terbaik yang sudah menang beberapa perlombaan dan juga ada yang baru.” Ungkap siswa yang sering juara kelas ini.

(baca juga: link youtube trailler Antologi Gandrung Melarung Mendung)

“SMA Nuris Jember sangat support sekali soal literasi siswanya. Dengan memfasilitasi bakat-minat melalui ekskul Penulisan Kreatif Sastra dan menerbitkan buku melalui Penerbit Nuris Press ini sangat membantu saya dalam mengeksplor ide kreatif saya melalui cerpen. Tentu cerpen yang akan terbit ini tidak sembarangan. Nantikan saja.” Katanya.

Persiapan penerbitan buku antologi cerpen Ayu Novita Sari ini di-handle langsung oleh Ibnu Wicaksono, Pembina Ekskul Penulisan Kreatif  Sastra Nuris. Mulai editing, lay out, ilustrasi, hingga desain kover, semuanya disiapkan oleh tangan dinginnya. Menurut rencana buku kumpulan cerpen tersebut akan terbit di akhir bulan Oktober 2018. Launching bukunya pun telah disiapkan pula yang konon akan direncanakan bulan November ke depan.

(baca juga: Apresiasi Seno Gumira Ajidarma, Cerpen Ayu Novita Sari Juara Nasional LPDP Universitas Indonesia)

“Saya kalau menerbitkan buku tidak mau asal terbit, harus berkualitas secara materi dan semua aspeknya. Selain Ayu memang punya kapasitas bagus dalam hal ide, terbukti keseringan dia juara cerpen, antologi pertamanya ini betul-betul khas santri dan layak dinantikan.” Tegas Ibnu Wicaksono, alumnus Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember ini.

“Inti dari keseluruhan cerpen karya Ayu secara kebetulan berkelindan dan seolah ada unsur kausalitas dari cerpen satu dengan yang lainnya. Bertema keseharian seorang santri, cinta dalam keluarga, gejolak sosial-budaya, hingga muara semua kehidupan yang satu kepada Tuhannya. Mengandung pesan keilahian tingkat tinggi dan filosofis. Saya yakin ini karya yang memperkaya khazanah sastra khas santri.” Ungkapnya.[AF.Red]

Related Post