Sahrul Hibatullah, Juara 2 MTQ Tingkat Provinsi Ajang Ma’rifah 2018

Sahrul Hibatullah, Juara 2 MTQ Tingkat Provinsi Ajang Ma’rifah 2018

Pesantren Nuris – Prestasi siswa MA Unggulan Nuris kelas X PK A melambungkan almamater di tingkat Provinsi Jawa Timur. Sahrul Hibatullah, mampu menyisihkan 30 peserta terbaik dari berbagai sekolah dan merebut juara 2 Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) putra dalam ajang Ma’rifah 2018 di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember pada hari Ahad, 14 Oktober 2018 lalu.

Lomba MTQ tingkat provinsi ini berjalan dalam 2 babak. Para peserta membaca Alquran dengan makro’ bebas di babak penyisihan. Kemudian, 3 peserta dengan nilai terbaik baik kategori tajwid, fashohah, maupun lagu akan tampil lagi di babak final dengan membaca makro’ Alquran pilihan panitia.

(baca juga: Juara 2 Musabaqoh Fahmil Quran Tingkat Jatim, Gemilang Prestasi MA Unggulan Nuris)

Ketiga peserta terbaik tersebut yakni, Sahrul Hibatullah dari MA Unggulan Nuris, Jember; Abdulloh Mahfud dari SMK Raudlatul Malikiyah; dan Moch. Ainul Yaqin dari PP. Riyadlus Sholihin. Mereka diberi makro’ pilihan panitia dan diberi waktu satu jam untuk membuat lagu sendiri.

“Ini pengalaman lomba MTQ yang sulit bagi saya. Baru pertama kali belajar mengarang dalam waktu satu jam. Alhamdulillah berkat pembinaan dengan Ustazah Qomariah, saya bisa melakukannya. Meski harus puas dengan juara 2.” Ungkap Sahrul.

(baca juga: M. Rizal Maulana, Raih Juara 1 Baca Kitab Fatkhul Qorib Ajang Festival Pelajar NU)

“Padahal waktu babak penyisihan, saya mendapat nilai tertinggi. Tapi inilah lomba tingkat provinsi yang lebih sulit karena ada babak mengarang lagu. Saya harus terus bisa meningkatkan potensi bersama teman-teman lainnya di ekskul tilawah Nuris.” Katanya.

Berkat capaian prestasi MTQ ini, Sahrul Hibatullah mendapat piala, piagam juara, dan uang pembinaan sebesar Rp500.000,00.

Kepala MA Unggulan Nuris, Balqis Alhumairo, turut mengapresiasi keberhasilan anak didiknya. “Alhamdulillah hasil pembinaan ekskul nonsains memberi prestasi lagi bagi lembaga kami. Selain juara 2 MFQ, kami juara 2 MTQ. Saya terus mendukung upaya peningkatan sistem pembelajaran ekskul sebaik-baiknya demi prestasi siswa. Semoga prestasi demi prestasi terus berdatangan dari siswa kami di ajang lomba lainnya.”[AF.Red]

Dokumentasi penyerahan tropi dan uang pembinaan juara MTQ putra dan putri di panggung Ma’rifah IAIN Jember 2018

Related Post