Senam Santri, Agenda Ahad Bugar dan Rekreatif Pesantren Nuris Jember

Senam Santri, Agenda Ahad Bugar dan Rekreatif Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Padatnya agenda santri di Pesantren Nuris Jember, mulai dari diniyah, sekolah, pengembangan bakat melalui ekstrakurikuler, hingga program khusus pesantren lainnya, tak membuat mereka lupa akan pentingnya kesehatan. Pengurus Pesantren Nuris Jember miliki agenda Ahad Bugar yang dilaksanakan setiap ahad di pekan pertama setiap bulan.

Agenda Ahad Bugar ini dilaksanakan setelah salat jamaah subuh, sekitar pukul 05.15 sampai dengan pukul 07.30 WIB. Dipimpin langsung oleh Kepala Asrama Dalem Timur, contohnya, Ustazah Dina Wakhida, melakukan gerakan pemanasan, senam aerobik, dan gerakan senam kekompakan yang dilakukan secara grup—sekitar 4 orang—dengan iringan musik senam yang menambah semangat (04/11/2018).

“Kegiatan Ahad Bugar dilaksanakan di lapangan Asrama Putri Daltim secara serentak. Semua santri wajib ikut agenda ini kecuali yang izin sakit dan ada uzur lainnya. Tujuannya, menjaga kebugaran dan refreshing juga buat mereka. Dan yang terpenting juga dapat meningkatkan kesolidan sesama warga asrama Daltim sendiri di sela kesibukan mereka dengan urusan sekolah dan diniyah masing-masing.” Ujar Ustazah Dina.

(baca juga: Muhadloroh: Gaya Kreativitas Santri di Akhir Pekan)

“Memang kami agendakan sebulan sekali, kan olahraga sudah ada pelajarannya di sekolah. Agenda Ahad Bugar ini sekadar menyatukan dan mendekatkan hati sesama santri. Melalui agenda Ahad Bugar, kita bisa saling dekat, tertawa bersama, senang bersama melepas penat yang ada sehingga kita merasa memiliki tempat ini dan mencitainya.”

Segelintir cara santri mengisi libur akhir pekan dapat dibilang kreatif dan inovatif. Selain agenda Ahad Bugar, biasanya juga ada agenda piket kebersihan bersama, pembacaan dibaiyah, pentas seni muhadlarah, dan banyak yang lainnya. Mereka senantiasa memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat selama berada di Pesantren Nuris Jember.[AF.Red]

Related Post