Cintai Akutansi, Tiga Siswa SMA Nuris Jember Juara 1 Accounting Fair 2018 Tingkat Nasional

Pesantren Nuris– Prestasi ekstrakurikuler sains SMA Nuris Jember semakin cetar saja. Pasalnya, tidak hanya prestasi tingkat Kabupaten Jember dan Provinsi Jawa Timur saja yang berhasil digondol oleh siswanya. Prestasi tingkat nasional pun juga berhasil dikantongi oleh siswa SMA Nuris Jember. SMA Nuris Jember merupakan pilihan cerdas untuk berprestasi.

Baru-baru ini, siswa SMA Nuris Jember berhasil menangkan Olimpiade Akutansi tingkat nasional (27/10/2018). Mereka adalah Nurul Maghfiroh, Melisanatul, dan Yuni Anggita. Ketiganya merupakan siswa yang tergabung dalam ekskul sains Olimpiade Ekonom SMA Nuris Jember atau yang lebih dikenal dengan Madrasah Sains (M-Sains). Tiga siswa cantik ini, berhasil rebut juara 1 olimpiade Akutansi dalam Jember Accounting Fair 2018 Tingkat Nasional. Ajang bergengsi ini diadakan oleh himpunan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Perjalanan panjang harus dilalui oleh ketiganya untuk memenangkan ajang bergengsi tersebut. Di babak penyisihan, mereka harus mengerjakan soal multiple choice sebanyak 120 soal dan soal fill in the blank sebanyak 30 soal. Di babak penyisihan mereka berhasil tampil prima dan berhak melanjutkan ke babak semifinal. Tantangan di babak semifinal semakin berat, sebab mereka harus  mengikuti cerdas cermat dengan 15 soal dan point bertingkat dengan 9 soal.

Perjuangan mereka semakin berat ketika di babak final. Sebab, ketiganya harus membuat dan mempresentasikan suatu studi kasus tertentu menggunakan power point. Hanya diberikan waktu 40 menit untuk menyusunnya. Hingga akhirnya mereka berhasil tampil sebagai winner dan mengalahkan SMA Negeri 4 Jember sebagai juara 2 juga SMA Negeri 5 Jember sebagai juara 3.

(baca juga: Solid dan Cekatan, Pramuka SMA Nuris Jember Rebut 1 Piala LLA Giri Wana Rally XIII Tingkat Provinsi)

Keberhasilan tersebut tidak akan didapatkan tanpa adanya kekompakan di antara ketiganya baik Yuni, Nurul, maupun Melisanatul. Setiap hari mereka berlatih mengerjakan paket soal yang langsung dibagi menjadi 3. Apabila ada soal yang tidak dimengerti, maka dilingkari nomornya dan didiskusikan bersama tim dan juga guru pembimbing. Yang tidak pernah ketinggalan adalah berdoa, membagi waktu sebaik mungkin juga berusaha melengkapi kekurangan satu sama lain. “Kerja sama yang baik benar-benar kami aplikasikan dalam olimpiade ini. Kami harus pandai melengkapi antaranggota tim. Alhamdulilah, kerja keras kami membuahkan hasil dan kami berhasil mendapatkan juara. Proses tidak pernah menghianati hasil,” kata ketiga siswa jago akutansi tersebut.

Ketiga memang cinta dunia ekonomi. Mereka mempunyai cita-cita untuk menjadi generasi muda yang mampu membangkitkan dan memperbaiki perekonomian di Indonesia. “Prestasi ini bukan akhir dari segalanya, justru ini menjadi cambuk bagi kami untuk semakin berprestasi. Semoga SMA Nuris Jember semakin jaya,” tambahnya.

(baca juga: Dua Siswa Cerdas SMA Nuris Jember Ini, Ciptakan Ice Cream sebagai Obat Hipertensi dan Raih Juara Umum KTI Se-Jatim)

Tim Penjamin Mutu Siswa yayasan Nurul Islam Jember akan terus berinovasi untuk memberikan prestasi demi kemajuan lembaga di lingkungan Nuris. “Prestasi siswa adalah prioritas kami. Kami akan terus berikan pembinaan yang terbaik bersama guru-guru kami yang handal di bidangnya masing-masing,” kata Mila Karmila, Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. (red/Yuv)

 

Related Post