Gebyar Cerdas Cermat Aswaja, Asah Keaswajaan Santri Nuris

Pesantren Nuris– Asrama putri Dhalem Timur Pesantren Nuris Jember tak pernah berhenti untuk mengasah kreativitas santri. Selain meningkatkan kreativitas santri, juga untuk mengurangi kejenuhan santri di pesantren. Hampir setiap akhir pekan, santri selalu dibanjiri dengan kegiatan yang menyenangkan dan mengasah kreativitas.

Baru-baru ini, pengurus asrama putri Dhalem Timur mengadakan Gebyar Lomba Cerdas Cermat Aswaja (9/11/2018). Kegiatan tersebut dilangsungkan di masjid Nurul Islam Jember dan berlangsung seru serta menegangkan. Gebyar lomba ini diikuti oleh seluruh santri Dhaltim Pesantren Nuris Jember baik dari lembaga SMA, SMK, dan MA Unggulan Nuris. Masing-masing lembaga mengirimkan lima kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari tiga anggota.

(baca juga: Gelar Pasar Budaya, Upaya Santri Meriahkan HUT ke-73 Republik Indonesia)s

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengasah pemahaman santri di bidang keaswajaan. Jadi melalui gebyar cerdas cermat ini, santri Dhaltim dapat mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam bidang Aswaja. Ajang cerdas cermat ini terdiri dari beberapa babak dengan materi yang berbeda-beda. Babak penyisihan materi yang diujikan adalah menggunakan kitab Aqidatul Awam. Sedangkan di babak final adalah menggunakan Hujjah NU bab Bid’ah, Maulid Nabi, dan Ziaroh Kubur.

Pertama, masing-masing tim diberi tiga pertanyaan dan diberi skor 100 pada setiap jawaban benar. Babak kedua adalah lempar jawab, setiap tim diberi 3 pertanyaan. Apablia dalam waktu 5 detik, mereka tidak bisa menjawab maka pertanyaan akan dilempar pada tim selanjutnya. Jawaban benar bernilai 100. Namun, jawaban benar dari lemparan 1 bernilai 50 dan lemparan kedua bernilai 25. Berbeda dengan babak tiga. Babak tiga adalah adu cepat. Pada babak ini, siswa diberu 5 pertanyaan rebutan, setiap tim yang menjawab dengan benar bernilai 100 dan salah bernilai minus 100.

Gebyar Lomba cerdas cermat ini bukan lomba biasa, sebab dihadirkan beberapa ustada asrama putri Dhaltim Pesantren Nuris Jember yang ahli di bidang tersebut untuk menjadi juri. Ustaza Aisyah dan Ustaza Diana yang menjadi juri dalam acara tersebut. Juri mengaku bangga dengan seluruh santri di pesantren tersebut. “Alhamdulilah saya bangga dengan pemahaman santri Nuris terhadap Aswaja. Semoga mereka bisa kader Aswaja masa depan,”kata Ustaza Aisyah.

(baca juga: Keseruan Dhaltim Mencari Bakat, Santri Punya Segudang Kreasi, Check It Out)

Setelah melalui perjuangan panjang, kelompok Elfi Maziyah asal MA Unggulan Nuris berhasil raih juara 1. Kelompok Dwi Maratul Izza asal MA Unggulan Nuris mendapatkan juara 2. Sedangkan peraih juara 3 adalah kelompok Nurul Maghfiroh, asal  SMA Nuris Jember. Masing-masing pemenang akan mendapatkan sertifikat dan trophy. “Alhamdulilah Gebyar Lomba Cerdas dapat dilaksanakan dengan baik. Semoga prestasi anak bangsa semakin meningkat,” kata Achmad Faizal, koordinator ekstrakurikuler sains Nuris. (red/Yuv)

 

Related Post