Ali bin Abi Thalib, Sahabat Nabi yang Terkenal di Kalangan Umat Muslim

Penulis: Ahmad Rahmatullah

Ali bin Abi Thalib merupakan sebuah nama yang tidak asing. Beliau merupakan salah satu sahabat Nabi yang terkemuka di kalangan umat Islam. Nama asli beliau adalah Haydar bin Abi Thalib. Haydar yang berarti singa, maksudnya dengan nama tersebut keluarga Abi Thalib berharap dapat memiliki penerus yang dapat menjadi tokoh pemberani dan disegani di kalangan Quraisy. Namun, setelah Rasulullah mengetahui sepupu yang baru lahir diberi nama Haydar, Nabi Muhammad Saw memanggil Haydar dengan nama “Ali” yang berarti tinggi (derajat di sisi Allah Swt).

(baca juga: Abu Hurairah, Tidak Ada Kata Terlambat dalam Hidup)

Ali bin Thalib lahir pada tahun ke-20 sebelum kenabian. Beliau termasuk golongan orang yang pertama masuk Islam dari golongan anak-anak. Sejak kecil Ali berada dalam didikan Rasulullah Saw, sebagaimakan dikatakannya sendiri, “Nabi membesarkan aku dengan suapannya sendiri. Aku menyertai beliau kemana pun beliau pergi, seperti anak unta yang mengikuti induknya. Setiap hari aku dapatkan suatu hal yang baru dari karakternya yang mulia dan aku menerima serta mengikutinya sebagai suatu perintah”.

Setelah masa hijrah, Ali bin Abi Thalib tinggal di Mekkah. Beliau dinikahkan dengan putri Nabi yang bernama Siti Fatimah Az Zahra yang banyak diperebutkan oleh para pemuda. Nabi menimbang Ali bin Abi Thalib yang paling tepat. Yang menjadi pertimbangan Nabi di antaranya nasab keluarga yang sempurna (Bani Hasyim), yang paling dulu mempercayai kenabian Rasulullah dan yang selalu belajar di bawah Nabi.

(baca juga: Habib Munzir : Pendakwah Lembut dalam Islam)

Ali bin Abi Thalin adalah khalifah ke-4 yang memerintah selama kurang lebih 5 tahun. Masa pemerintahannya mewarisi kekacauan yang terjadi saat masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan. Setelah menjalankan pemerintahannya, pada malam Jumat tanggal 17 Ramadhan tahun 40 H, beliau terbunuh dan wafat pada usia 63 tahun.

Penulis adalah siswa MA Unggulan Nuris kelas XI PK A dan juga aggota aktif ekstrakurikuler Jurnalistik Website Pesantrennuris.net

Related Post