Bersama MA Unggulan Nuris, Mahir Kitab Kuning, Sains, dan Seni

Pesantren Nuris- MA Unggulan Nuris siap menerima siswa baru tahun pelajaran 2019/2020. Dengan memilih MA Unggulan Nuris siswa dilatih untuk memahami dalil-dalil yang kuat tentang Aswaja An-Nahdliyah. Selain itu, siswa juga belajar bersama tim ahli yaitu KH. Muhyiddin Abdhusshomad, Dr. Nyai Hj. Fatimah, M.Pd.I., Gus Robith Qoshidi, Lc. (Alumni Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir), dan Ning Balqis Al-Humairo S.Pd.I. (Alumni Al-Aqidah University, Jakarta). MA Unggulan Nuris memiliki tim management mutu yang terdiri dari Syeikh Muhammad Sauqi Ahmad (Volunter form Al-Azhar University, Kairo-Mesir), Gus H. Abdurahman Fathoni, M.Si., alumni Pasca Sarjana Universitas Indonesia), Arifiatun, M.Pd. (Alumni Universitas Negeri Malang).

(baca juga: MA Unggulan Nuris Rebut Juara MSQ dan MKQ Kontemporer Ajang MTQ Kabupaten Jember 2018)

Madrasah tersebut juga memiliki fasilitas fisik, program unggulan, dan ekstrakurikuler. Fasilitas fisik MA Unggulan Nuris di antaranya lingkungan belajar madrasah dan asrama representatif, penunjang pembelajaran (VCD Pembelajara, LCD). MA Unggulan Nuris juga memiliki beberapa program unggulan di antaranya Tahfidzul Alquran, Bimbingan Membaca Kitab Kuning (BMK), Kajian Aswaja (Ahlussunnah Wal Jama’ah), Bahtsul Masail, Pengembangan Bahasa Asing, Pengembangan Madrasah Sains, Pembinaan Internal Sukses UN dan SBMPTN, dan SPAN-PTKIN melalui LBB Nuris. Untuk menggali dan mengembangkan bakat siswa, MA Unggulan Nuris memiliki beberapa ekstrakurikuler di antaranya Tartil dan Tilawah Alquran, Tahfidz, Study Club, English Convertation dan Toefl, Pramuka, Broadcasting, Pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris), Jurnalistik, Karya Ilmiah Remaja, Paskibraka, Musik Islami, PMR, Futsal, Volley Ball, Futsal, dan Kaligrafi.

Siswa MA Unggulan Nuris juga berprestasi di berbagai bidang, mulai dari sains, nonsains, dan bahasa. Beberapa prestasi yang pernah diraih madrasah tersebut di antaranya Juara 3 Olimpiade Biologi Tingkat Jawa-Bali di Universitas Jember (Wardatul Fitriyah), Juara 3 Hadrah Ashabul Muhyi Tingkat Eks-Karesidenan Beskui dan Lumajang di Korem Malang (M. Rizal Maulana,dkk), Juara 2 Tilawah Tingkat Jawa Timur di IAIN Jember (Sahrul Hibatullah), dan beberapa prestasi lainnya. Lulusan MA Unggulan Nuris juga berprestasi. Terbukti lulusan madrasah tersebut berhasil meraih beasiswa prestasi di Thailand College, Al-Ahgaff University of Yaman, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maliki Malang, Universitas Brawijaya Malang, dan beberapa universitas ternama lainnya.

Beasiswa Unggulan juga ditawarkan oleh MA Unggulan Nuris di antaranya 10 Platinum Kitab Kuning, 5 Platinum Tahfidz Alquran, 5 Platinum IPA, dan 40 Gold Kitab Kuning. Jadwal seleksi beasiswa unggulan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Januari 2019 dan gelombang kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Maret 2019. Sedangkan untuk tes reguler penerimaan peserta didik baru dilaksanakan pada Rabu, 1 Mei 2019 dan materi yang diujikan adalah mata pelajaran UN. Tes Psikologi dilaksankaan pada hari Rabu, 10 Juli 2019.

(baca juga: Prestasi Siswa MA Unggulan Nuris Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)

Syarat untuk mendaftar di MA Unggulan cukup mudah yaitu biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00, foto copy ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SKUHN yang sudah dilegalisir, foto copy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasionali) masing-masing dua lembar. Untuk pendaftaran bisa langsung datang ke kantor Humas Nuris, jam kerja buka setiap hari Senin sampai dengan Kamis dan Sabtu pukul 07.30 sampai dengan 13.00 WIB dan di hari Jumat pukul 07.30 sampai dengan 10.30 WIB. Untuk info lebih lanjut tentang PPDB MA Unggulan Nuris dapat menghubungi Latifah Muzayana di 082 331 857 601 atau Sunardi di 082 143 788 470. (red/Yuv)

Related Post