Gus Rahmatullah Rijal: NSEP 2019 Bawa Visi Santri Berwawasan Global dan Spirit Internasional

Gus Rahmatullah Rijal: NSEP 2019 Bawa Visi Santri Berwawasan Global dan Spirit Internasional

Pesantren Nuris – Sepekan lebih santri Pesantren Nuris Jember berada di negeri rantau guna menyukseskan Nuris Student Exchange Programme (NSEP) sejak diberangkatkan pada malam Senin, 13 Januari 2019 lalu. Sekitar 26 santri Pesantren Nuris Jember tersebar di 11 pesantren di Thailand untuk melakukan serangkaian program pertukaran pelajar tersebut.

Dengan pembekalan yang memadai, santri hasil seleksi ini siap melakukan sharing pengetahuan soal kitab kuning, Alquran, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Dari total 26 santri peserta NSEP 2019, 5 santri dari lembaga SMA Nuris Jember, selebihnya, 21 santri dari lembaga MA Unggulan Nuris. Selama kurang lebih 3 pekan berada di Thailand, dan 1 pekan lainnya mereka akan berkunjung ke Malaysia dan Singapura.

(baca juga: Keberangkatan NSEP 2019, Diiringi Doa Seluruh Keluarga Besar Nuris)

Gus Rahmatullah Rijal, selaku perwakilan dari anggota majelis pengasuh Pesantren Nuris Jember memasrahkan 26 santri tersebut ke perwakilan pengasuh pesantren di Thailand. “Selama perjalanan saya melihat wajah optimis dan bangga di wajah santri, meski cukup melelahkan, karena kami melalui jalur udara dari Surabaya ke Kuala Lumpur, dan darat dari Kuala Lumpur ke Thailand.”

“Di Thailand kami disambut dengan baik oleh Pengasuh Ma’had Mesbah El Ulum, Dr. Hon. Ramli Syehabuddin, Lc. Awalnya agak kesulitan untuk komunikasi dalam bahasa Melayu yang memang agak berbeda, ternyata beliau alumni Mesir sehingga kami berkomunikasi dengan bahasa Arab.”

(baca juga: Bertemu Mufti Kuala Lumpur, Megahnya Masjid Putra Jaya dari Pesantren Al Abaqirah (NSEP part 1))

“Tentu ini menjadi kebanggaan bagi Pesantren Nuris Jember mendapat sambutan hangat dan sukses menjalin kerja sama soal pertukaran pelajar tiap tahunnya. Kami membawa visi misi santri berwawasan global dan spirit internasional. Sepulang mereka ke Indonesia semakin meningkatkan motivasi untuk belajar sampai ke luar negeri.” Imbuh Gus Rahmat yang juga menjabat Kepala SMP Nuris Jember.

Dia juga menuturkan, “Di perjalanan saat dari Kuala Lumpur ke Thailand saya sempat bertemu dengan Kepala MTs Negeri 8 Kediri yang juga berencana survei dan ingin mengadakan kerja sama. Beliau tertarik dengan agenda NSEP yang rutin kita laksanakan loh. Langsung saya minta Ustad Imam selaku Direktur Nuris International Office yang menjelaskan soal NSEP ini.”[AF.Red]

Related Post