Tekankan Orasi Etika Berpolitik dalam Islam, Juara 3 Khitobah Se-Jawa Bali

Pesantren Nuris– SMA Nuris Jember tidak hanya berprestasi di bidang sains saja. Kali ini, salah satu siswa sekolah tersebut berhasil raih juara 3 lomba khitobah ajang  Gebyar Milad se-Jawa Bali yang dilaksanakan di Universitas Muhammadyah Jember (13/2/2019). Dia adalah Arina Makrifatul, siswa kelas X IPS 1 SMA Nuris Jember. Arina berhasil bersaing dengan seluruh siswa SMA sederajat lainnya se-Jawa Bali.

(baca juga: Smart Brush Temuan Siswa SMA Nuris Jember, Raih Juara 3 di UNAIR)

Gadis cantik ini berpidato dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu “Etika Berpolitik dalam Islam”. Judul pidato “Politik Adu Domba, Bukan Etika Berpolitik dalam Islam” mampu menggugah hati dewan juri. Dalam pidatonya, dia berbicara tentang berpolitik dalam Islam harus berpacu dan bersumber pada Alquran dan Hadits. Selain itu, dia juga menyampaikan masalah etika berpolitik harus bercermin pada Rasulullah.

Capaian ini, menjadi bukti bahwa SMA Nuris Jember merupakan sekolah yang multi talenta. Siswanya tidak hanya juara di bidang sains, tetapi juga nonsains dan agama. Siswa SMA Nuris Jember juga bisa bersaing dengan siswa lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Jawa dan Bali. Dalam ajang Gebyar Milad Universitas Muhammadiyah ini, Arina mampu bersaing dengan M. Imron Hamzah dari MAN 1 Jember sebagai peraih juara 1 dan Noer Okta dari SMKN 6 Jember sebagai peraih juara 2.

Tentunya capaian prestasi ini tidak serta merta didapat oleh Arina, melainkan harus melalui perjuangan panjang. Selama kurang lebih seminggu dia harus berlatih keras dengan mengikuti pembinaan bersama tentor handal di bidang pidato. “Usaha tidak pernah menghianati hasil memang benar. Alhamdulilah kerja keras saya berbuah manis. Pidato yang saya sampaikan dapat membuat dewan juri terpesona hingga berhasil meraih juara 3 se-Jawa Bali. Saya akan berlatih lebih giat lagi dan membanggakan SMA Nuris Jember, “ kata Arina.

(baca juga: Super Kreatif, Ide Ladaga Karya Santri Juara Nasional, Bawa Visi Patriotisme Berbasis Digital)

Berkat capaian prestasinya Arina berhak membawa pulang tropi, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp. 750.000,00. Prestasi Arina semakin menambah koleksi piala SMA Nuris Jember. Mulai awal tahun pelajaran 2018/2019, SMA Nuris Jember sudah berhasil kumpulkan puluhan piala dari kemenangan di berbagai lomba tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. “Saya bangga dengan capaian prestasi siswa SMA Nuris Jember. Prestasi SMA Nuris Jember semakin luas, tidak hanya di bidang sains tetapi juga nonsains dan bahasa. Semoga prestasi SMA Nuris Jember semakin banyak,” ujar Diana, waka kurikulem SMA Nuris Jember.  (red/Yuv)

Related Post