M. Fayyad Rohmany Banggakan MTs Unggulan Nuris, Juara Olimpiade MIPA Se-Eks Keresidenan Besuki

Pesantren Nuris-  MTs Unggulan Nuris semakin mantab berprestasi, baik di bidang sains, nonsains, maupun bahasa. Kali ini, koleksi piala Madrasah tersebut bertambah karena prestasinya di bidang sains. M. Fayyad Rohmany siswa kelas IX MTs Unggulan Nuris berhasil meraih juara harapan 2 dalam olimpiade MIPA (Matematika, Fisika, dan Biologi) tingkat se-Ekskeresidenan Besuki di SMA Negeri 2 Jember (10/02/2019).

(baca juga: Borong Lima Piala Smugaforia 2019, MTs Unggulan Nuris Makin Mantab)

Olimpiade tersebut merupakan agenda SMA Negeri 2 Jember yang terangkum dalam sebuah kegiatan bernama “Search” (SMADA Energy For Annual Regional Challenges). Terdapat beberapa perlombaan dalam acara “Search” ini, di antaranya story telling, english olympiad, dan olimpiade MIPA. MTs Unggulan Nuris hanya mengikuti satu cabang lomba yaitu olimpiade MIPA dan berhasil meraih juara.

M. Fayyad Rohmany harus melalui perjuangan panjang dan sengit untuk tampil sebagai peserta. Sebab, siswa MTs Unggulan Nuris tersebut harus bersaing dengan puluhan peserta lainnya yang berasal dari SMP sederajat lainnya se-Ekskeresidenan Besuki. Olimpiade MIPA ini terdiri dari dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan dilaksanakan dengan pengerjaan 45 soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit. Empat puluh lima soal tersebut terdiri dari 15 soal Matematika, 15 soal Fisika, dan 15 soal Biologi. Dari babak final diambil sepuluh peserta terbaik dan berhak berlanjut ke babak final. Tak disangka, Fayyad berhasil menjadi 10 peserta terbaik.

Babak final dilaksanakan dengan mengerjakan 9 soal uraian yang terdiri dari 3 soal uraian Matematika, 3 soal uraian Fisika, dan 3 soal uraian Biologi. Pengerjaan soal di babak final berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Fayyad merupakan salah satu siswa MTs Unggukan Nuris yang aktif di ekstrakaurikuler sains bidang Matematika.

 “Alhamdulilah senang sekali, saya bisa meraih juara 3 olimpiade Matematika se-Ekskeresidenan Besuki di SMA Negeri 2 Jember. Prestasi ini merupakan hasil dari kegiatan belajar saya di Madrasah Sains. Melalui M-Sains saya bisa mengembangkan potensi saya di bidang Matematika. Semoga saya kembali bisa mengharumkan almamater MTs Unnggulan Nuris,” kata Fayyad.

(baca juga: Spektakuler, MTs Unggulan Nuris Borong Piala Majesa 2019 se-Jatim)

Pengelolahan bakat siswa di bidang sains, nonsains, maupun bahasa akan terus ditingkatkan. Tentor-tentor berbakat di bidangnya akan dihadirkan oleh MTs Unggulan Nuris demi prestasi siswanya. Untuk mempersiapkan olimpiade tersebut, Fayyad harus mengikuti pembinaan selama kurang lebih dua minggu. Tidak hanya itu, dia selalu rajin berlatih soal. “Ekstrakurikuler sains, nonsains, dan bahasa harus benar-benar kami kelola. Semua siswa punya peluang untuk berprestasi, “ ujar Ning Lidya, wakil kepala MTs Unggulan Nuris. (red/Yuv)

Related Post