Pilih PKN STAN, Alumni Nuris Ini Wujudkan Mimpi Jadi PNS Kemenkeu

Pesantren Nuris– Alumni Nuris yang satu ini memang selalu berdedikasi dan berprestasi.  Bagaimana tidak? Dia mampu mengharumkan nama MA Unggulan Nuris dan juga Pesantren Nuris Jember karena berhasil menjadi salah satu mahasiswa kampus kedinasan di Indonesia, Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Administrasi Negara (PKN STAN). Penasaran siapa dia? Yuk ikuti lebih lanjut kisah alumni Nuris yang satu ini.   

(baca juga: Terinspirasi BJ. Habibie, Ayu Mia Rosita Geluti Fisika di ITS Surabaya)

Muhammad Baihaqi merupakan pemuda kelahiran 29 September 2000, alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2018. Saat ini pria yang memiliki hobi menulis kaligrafi ini sedang melanjutkan studinya di PKN STAN jurusan Akutansi program studi D3 Akutansi. Nampaknya, pendidikan yang ditempuhnya saat ini merupakan langkah awalnya untuk mewujudkan cita-citanya sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga seorang pengusaha.  Sosok humoris ini,  ingin sekali membahagiakan orang tuanya dalam waktu singkat. Salah satunya adalah menjadi PNS.

Perjuangan panjang harus dilalui oleh alumni MA Unggulan Nuris yang satu ini. Pasalnya, beberapa rangkaian tes harus dilaluinya sebelum resmi dinyatakan sebagai mahasiswa PKN STAN. Pertama, dia harus mengikuti tes tulis TPA (Tes Potensi Akademik) dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Tahapan tes selanjutnya adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK). Tes yang terakhir adalah Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang meliputi tes kebangsaan, tes kepribadian, dan tes intelegensia.

Selama belajar di MA Unggulan Nuris  pemuda asal Tanggul Jember ini, memang dikenal sebagai siswa yang pendiam tetapi aktif mengikuti beberapa ekstrakurikuler. Hal itu juga berlanjut ketika dia menempuh pendidikan di PKN STAN. Pemuda kelahiran Jember ini, aktif mengikuti organisasi Ikatan Mahasiswa Nahdliyyin PKN STAN. Organisasi tersebut merupakan wadah mahasiswa muslim NU di Sekolah Tinggi tersebut.

(baca juga: Prioritaskan Tugas Pokok Kunci Alumni Nuris ini Raih Gelar Sarjana Pendidikan Ekonomi)

MA Unggulan Nuris nampaknya memberikan kesan tersendiri untuk sosok Baihaqi. “Pesan saya untuk Nuris tetaplah menjadi kader-kader Aswaja. Sebab, nantinya ilmu keaswajaan sangat diperlukan ketika sudah menjadi alumni. Saya sangat berterima kasih kepada Pesantren Nuris Jember karena melalui Nuris saya bisa berprestasi dengan tetap memegang teguh ajaran Aswaja. Sebab, pengalaman selama menjadi santri merupakan bekal untuk menghadapi tantangan zaman,” kata Baihaqi. (red/Yuv)

Nama : Muhammad Baihaqi

Alumni : Lembaga MA Unggulan Nuris 2018

Kuliah : PKN STAN Jurusan D3 Akutansi

Related Post