Girangnya Siswa MI Unggulan Nuris, Ratusan Buku Dilahap Tuntas

Girangnya Siswa MI Unggulan Nuris, Ratusan Buku Dilahap Tuntas

Pesantren Nuris – Giat dan minat literasi di MI Unggulan Nuris cukup besar. Terbukti, saat perpustakaan keliling dari Pemerintah Kabupaten Jember datang, tampak siswa-siswa berduyun datang menghampiri.

“Senang sekali lihat anak didik kami di MI Unggulan Nuris antusias menyambut kehadiran perpustakaan keliling ini. Padahal masih belum dibuka karena siswa masih pembelajaran, tetapi anak yang berada di jam olahraga langsung ramai ke sana.” Kata bu Nining, Waka Kurikulum MI Unggulan Nuris.

“Kami terus berupaya mengisi kejenuhan siswa belajar formal dengan membaca buku dengan santai salah satunya dengan bantuan perpustakaan keliling ini. Mereka yang memiliki minat baca cukup besar lo. Apalagi buku cerita bergambar, itu sangat disukai oleh mereka.”

(baca juga: Lima Belas Piala Rafsan dan Gita Cita Anak Negeri 2019 Diborong MI Unggulan Nuris)

Bahkan tambah Nining, yang juga guru Bahasa Indonesia di MI Unggulan Nuris tersebut, ratusan buku cerita itu lahap dihabis sekali baca oleh segenap siswa di sana. Waktu yang terbatas, hanya sekitar 2 sampai 3 jam, justru membuat siswa di madrasah yang dipimpin oleh Drs. Subandi penasaran untuk kecanduan membaca.

Subandi menuturkan, “Sesuai dengan gerakan literasi nasional, kami sangat bangga dengan antusiasme anak didik kami. Ini menunjukkan kualitas yang baik sebab siswa cerdas dan kreatif dimulai dengan hobinya membaca. Semoga MI Unggulan Nuris terus membangkitkan semangat aksara ini secara istiqomah.”

Pembelajaran nonformal melalui perpustakaan keliling dengan pembimbingan guru kelas justru lebih efektif dalam membentuk karakter siswa. Mereka membaca, berdiskusi, dan saling mengkritisi buku bacaan, dan berlatih berpendapat secara bijak. MI Unggulan Nuris menuju madrasah pegiat literasi yang berkualitas dan berakhlakul karimah.[AF.Red]      

Related Post