Dua Siswa SMP Nuris Jember Rebut Juara Olimpiade MIPA Smugaforia 2019

Pesantren Nuris- Program M-Sains SMP Nuris Jember semakin membuahkan hasil memuaskan.  Baru-baru ini tim olimpiade MIPA (Matematika, Fisika, dan Biologi) sekolah tersebut berhasil meraih juara 2 dalam ajang Smugaforia 4 2019 “The Competition Goes On” se-kabupaten Jember. Tim olimpiade MIPA SMP Nuris Jember terdiri dari dua siswa yaitu Mohammad Azhar Zanky dan Sheilla Ramadania. Saat ini keduanya duduk di bangku kelas VIII.

Ajang tersebut diselenggarakan oleh SMA Muhammadyah 3 Jember (10/03/2019) yang merupakan agenda tahunan sekolah tersebut. Olimpiade tersebut bertajuk “Membangun Pribadi Cerdas dan Terampil menuju Misi dan Visi SMA Muhammadiyah 3 Jember yang Berkemajuan”. Kompetisi tersebut terdiri dari dua babak, ada babak penyisihan dan babak final.

(baca juga: Kalahkan Siswa SMP Se-Jember, Siswa SMP Nuris Ini Juara 2 English Competition 2018)

Dalam olimpiade MIPA ini terdapat tiga mata pelajaran yang diujikan di antaranya Matematika, Fisika, dan Biologi. Semua soal yang diberikan mengacu pada materi bersumber dari kurikulum yang diterbitkan oleh BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Nampaknya, Zanky dan Sheila harus bekerjasama dengan baik. Pasalnya persaingan dalam kompetisi tersebut begitu sengit.

Di babak penyisihan dia harus bersaing dengan puluhan peserta lainnya. Keduanya harus mengerjakan 40 soal pilihan ganda. Zanky dan Sheila memiliki strategi jitu untuk menyelesaikan babak penyisihan. “Babak penyisihan cukup berat bagi kami, oleh karena itu strategi yang kami gunakan harus tepat. Sistem pengerjaan soal kami bagi sesuai dengan bidang kemampuan. Misalnya Zanky mahir di soal hitungan, maka dia akan mengerjakan soal Matematika. Ketika waktu kurang 30 menit kami gunakan untuk menggabung jawaban kami dan mengerjakan soal yang belum terselesaikan. Alhamdulilah kami berhasil lolos ke babak final,” kata Zanky dan Sheila.

Berdasarkan hasil di babak final, tim MIPA SMP Nuris Jember berada di urutan kedua dari sepuluh peserta terbaik dan berhak berlanjut ke babak final. Babak final dilaksanakan dalam bentuk presentasi dan peragaan. Hasil akhir merupakan akumulasi dari 30% nilai di babak penyisihan dan 70% nilai di babak final. Baik Zanky maupun Sheila membutuhkan waktu kurang lebih sepuluh hari untuk mempersiapkan olimpiade ini. Hampir setiap hari keduanya berlatih puluhan soal Matematika, Fisika, dan Biologi.

(baca juga: Dominasi Kemenangan Olimpiade Matematika Se-Jember, Tiga Siswa Ini Banggakan SMP Nuris Jember )

“Saya bangga sekali dengan capaian siswa kami. Mereka bisa bersaing dengan sekolah lainnya. Capaian ini menambah koleksi piala SMP Nuris Jember,” kata Harto, waka kurikulum SMP Nuris Jember. Dalam olimpiade MIPA Smugaforia ini, SMP Nuris Jember bisa bersaing dengan smp Negeri 2 Jember sebagai juara 1 dan MTs Negeri 1 Jember sebagai peraih juara 3. (red/Yuv)

Related Post