Raih Juara 1 OSK Astronomi, Siswa SMA Nuris Jember Ini Siap Bertarung di OSP

Pesantren Nuris– Siswa SMA Nuris Jember berhasil kalahkan SMA Negeri 1 Jember dalam ajang Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) bidang Astronomi. M. Erick Lucky Hafifi raih juara 1 OSK bidang Astronomi setelah kalahkan siswa asal SMA Negeri 1 Jember sebagai peraih juara 2 dan 3.

Dalam kompetisi sains kabupaten Jember yang digelar 27 Februari 2019 lalu, Erick harus bersaing ketat dengan peserta lainnya dari SMA se-Jember. Terdapat dua puluh soal yang harus dikerjakan oleh Erick, dengan rincian 15 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

(baca juga: Siswa SMA Nuris Jember Menangkan OSK Astronomi dan Kimia 2019, Siap Berlanjut ke OSP)

Selama pelaksanaan OSK Astronomi, Erick mengerjakan soal uraian terlebih dahulu karena point di soal uraian besar. Kemudia, dia berlanjut mengerjakan soal pilihan ganda. Soal yang dirasa mudah dikerjakan terlebih dahulu. Jika menjumpai soal yang dirasa susah, maka dilewati terlebih dahulu.

Untuk mempersiapkan OSK, siswa yang dikenal pendiam ini harus mengikuti karantina selama kurang lebih tiga minggu bersama Hairlinda, tentonya yang juga guru Fisika MTs Unggulan Nuris. Setiap hari hampir 2 sampai 3 paket soal yang terdiri dari 100 soal dilahap habis oleh Erick. Selain itu, dia juga harus sering membaca jurnal-jurnal tentang astronomi.

“Untuk meraih kesuksesan memang butuh perjuangan. Alhamdulilah kerja keras saya selama kurang lebih tiga minggu berbuah manis dengan meraih peringkat 1 di OSK Astronomi. Namun langkah saya tidak berhenti sampai di sini, melainkan masih ada OSP yang membutuhkan kerja keras lagi. Semoga saya bisa membanggakan SMA Nuris Jember melalui OSP 2019,” Kata Erick.

Guna menghadapi OSP (Olimpiade Sains Provinsi) 2019 yang akan digelar 10 April 2019 mendatang,  Erick semakin rajin berlatih soal. Targetnya tidak lagi 100 soal per hari melainkan 150-200 soal. Tidak hanya itu, dia juga mengikuti pembinaan intensif bersama tentornya 8 jam pelajaran per hari di tambah malam hari dari jam 18.30 sampai dengan 20.00 WIB. Dia juga akan dikirim untuk mengikuti pelatihan akbar OSP di Surabaya. “Target saya adalah lolos OSP. Sebab dengan lolos OSP dan berlanjut ke OSN. Sebab, dengan begitu saya bisa membanggakan orang tua dan almamater saya SMA Nuris Jember,” imbuhnya.

(baca juga: Muhammad Fajri Kholili Zain, Leader Sejati, Peraih Juara 3 OSK Astronomi 2018)

Tidak hanya Erick yang lolos OSK. Dua temannya juga berhasil melaju ke OSP. Mereka adalah Raudatul Jannah juara 2 OSK Kimia dan M. Ghorisul Fawaid juara 3 OSK Kimia. Tiga siswa SMA Nuris Jember tersebut berjuang keras untuk raih kemenangan di OSP dan berlanjut ke OSN. (Red/Yuv)

Related Post