Empathy, Gagasan Cerdas Siswa SMA Nuris Jember Tingkatkan Edukasi dan Perekonomian di Derah Pesisir

Pesantren Nuris- Bukan siswa SMA Nuris Jember apabila tidak memiliki kreativitas tinggi dan selalu berinovasi. Belum lama menangkan beberapa kejuaraan esai dan karya ilmiah remaja, kali ini siswa SMA Nuris kembali raih juara esai. Siswa SMA Nuris Jember tersebut adalah Maryasana Iza dan Iqnaul Marifah kelas XI IPS 1.

Dua siswa tersebut berhasil raih juara 3 esai  tingkat Jawa di Universitas Diponegoro Semarang (26/3/2019). Mereka menciptakan sebuah gagasan  yang sangat kreatif yang diberi nama “Emphaty”.  Emphaty (Education House of Marine Loyality) merupakan sebuah gagasan menarik dari dua siswa SMA Nuris Jember sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan edukasi dan perekonomian di daerah pesisir.

(baca juga: Dua Siswa Cerdas SMA Nuris Jember Ini, Ciptakan Ice Cream sebagai Obat Hipertensi dan Raih Juara Umum KTI Se-Jatim)

Pada dasarnya Empahty ini merupakan sebuah komunitas yang beranggotakan generasi muda yang mewadahi masyarakat pesisir melalui rumah edukasi kelautan. Melalui komunitas tersebut diharapkan generasi muda di sekitar pesisir dapat mempelajari berbagai pengetahuan tentang kelautan, sehingga bisa meningkatkan perekonomian di daerah pesisir.

Lomba Esai yang diselenggarakan oleh Univeristas Diponegoro Semarang ini diikuti oleh siswa SMA sederajat yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Terdapat dua babak dalam perlombaan ini. Babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2019 dengan pengumpulan esai secara online dan diambil lima peserta terbaik untuk berlanjut di babak final. Babak final dilaksanakan dengan presentasi secara langsung di Universitas Diponegoro.

(baca juga: Miliki Kreativitas Tinggi, Siswa SMA Nuris Jember Ini Juara Desain Nasional)

Prestasi Maryasana dan Iqnaul akan menambah koleksi piala SMA Nuris Jember. Terbukti SMA Nuris Jember sudah memenangkan beberapa lomba karya ilmiah remaja baik tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun nasional. “Senang dan bangga melihat capaian prestasi anak-anak kami. Semoga mereka tetap rajin berlatih dan berhasil meraih sukses. (Red/Yuv)

Related Post