G-Forst, Inovasi Baru Reboisasi Hutan Karya Ahmad Shofi dkk., Sukses Rebut Juara 3 di UB Malang

Alumni Nuris Raih Juara 3 PKM Gagas Futuristik Konstruktif di Universitas Brawijaya Malang

Pesantren Nuris – Alumni Nuris seolah tak pernah habis menorehkan kisah membanggakan dan menginpirasi untuk disampaikan. Tak terkecuali yang dilakukan oleh alumni lembaga SMA Nuris Jember, lulusan tahun 2018 ini. Akhir bulan Maret 2019 lalu, ia sukses mengibarkan bendera almamater Nuris karena prestasinya di ajang bergengsi mahasiswa di kampus Universitas Brawijaya, Malang. Bagaimana kelanjutan kisahnya, mari baca hasil liputannya!

Karena kepedulian tehadap manfaat hutan di Indonesia sebagai paru-paru dunia, Ahmad Shofi Nurur Rizal berupaya membuat inovasi baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), Malang, jurusan sistem informasi ini membuat inovasi yang diberi nama G-Forst atau GIS (Geographical Information System) for our Forest.

G-Forst merupakan inovasi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menentukan prioritas reboisasi hutan di Indonesia. GIS atau yang dikenal dengan sistem informasi geografik menjadi mesin pembaca virtual dan sangat membantu pihak terkait dalam mengambil kebijakan dan tindakan dalam mengelola hutan di Indonesia.

(baca juga: Terinspirasi BJ. Hbaibie, Ayu Mias Rosita Geluti Fisika di ITS Surabaya)

“Hutan di Indonesia memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan dunia. Tak heran dijuluki sebagai paru-paru dunia sehingga kita perlu menjaga keseimbangan ekosistemnya. Di era revolusi industri 4.0, dunia digital menjadi langkah futuristik yang dapat mengembangkan kelestarian hutan kita.” Ungkap Ahmad Shofi Nurur Rizal.   

Shofi, sapaan akrab pemuda cerdas yang pernah duduk di bangku XII IPA Sains di SMA Nuris Jember tersebut, berkolaborasi dengan teman-temannya sesama mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UB lainnya. Mereka adalah Mohammad Naviaddin, mahasiswa program studi teknik komputer; dan Moh. Risal Habibullah, mahasiswa program studi pendidikan teknologi informasi.

“Rector Cup 2019 ini diselenggarakan UB pada hari Jumat, 29 Maret 2019 lalu, untuk mencari mahasiswa terbaik dari setiap fakultas, yang disiapkan mewakili UB ke agenda Pimnas tahun 2020. Alhamdulillah saya diamanahi jadi ketua tim di ajang program kreativitas mahasiswa tersebut bidang GFK atau Gagasan Futuristik Konstruktif.”

(baca juga: Mantab, Miliki IPK Cumlaude, Alumni Nuris Magang di Bank Indonesia)

“Saya bersyukur bisa meraih juara 3. Persiapan kami hanya 3 pekan. Pekan pertama kami fokus pembuatan video, pekan kedua proses pembuatan proposal, dan pekan terakhir kami latihan presentasi dan pembuatan PPT-nya. Berkat semangat dan solidnya kerja sama tim sehingga bisa juara, semoga ke depan bisa terus di Pimnas tahun depan.” Imbuh pemuda kelahiran Jember, 22 Januari 2000.

Pemuda cerdas asal Cangkring, Jenggawah, Jember ini juga menyatakan bahwa semangat kompetisi dan terus meraih prestasi berkat pendidikan yang didapatkan selama di Pesantren Nuris Jember, khususnya SMA Nuris Jember. Maklum, dia juga pernah tergabung dalam ekstrakurikuler MSains, wadah penggemblengan bakat minat bidang akademik dengan sistem pembinaan yang sistematis dan kompetitif.

“Inspirasi saya ya waktu teman-teman sekelas dulu, di IPA Sains angkatan 2018 dengan nama komunitas Big Bang. Kami berjanji untuk terus solid dan support dengan jargon big the bombers to change the world. Berkat doa teman-teman serta restu guru-guru di Nuris, semoga saya selalu diberi kemudahan dalam kuliah dan terus membanggakan.” Tutupnya.[AF.Red]        

Ahmad Shofi Nurur Rizal memamerkan tropi juara 3 di UB, Malang

nama : Ahmad Shofi Nurur Rizal

Lembaga : Lulusan SMA Nuris Jember, tahun 2018

Kuliah : Universitas Brawijaya, Malang, Program Studi Sistem Informasi

Related Post