Giatkan Literasi, SMA Nuris Jember Terbitkan Tujuh Buku Sastra

Pesantren Nuris – SMA Nuris Jember berikan apresiasi untuk siswanya yang aktif berkarya di bidang literasi. Apresiasi yang diberikan oleh Sekolah Menengah Atas tersebut dengan membukukan karya siswanya seperti puisi, cerpen, dan novel. Tidak tanggung, buku pun dilengkapi dengan ISBN (International Standart Book Number). SMA Nuris Jember berhasil membukukan tujuh buku yang terdiri dari kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan novel. Hal tersebut membuktikan bahwa SMA Nuris Jember menjadi salah satu sekolah pendukung gerakan literasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

(baca juga: Siswa SMA Nuris Jember Temukan Jajanan Sehat Balita Berbahan Dasar Edamame)

Karya-karya yang dibukukan pun tidak asal-asalan. Pasalnya, harus melalui seleksi panjang dengan berbagai aspek penilaian. Oleh karena itu, buku karya siswa SMA Nuris Jember ini benar-benar orisinal karya siswanya bukan jiplakan. Tema tulisan pun juga beragam, di antaranya persahabatan, romansa kisah remaja, romansa kehidupan pesantren, dan berbagai kisah menarik lainnya. Karya-karya ini menunjukkan bahwa siswa SMA Nuris Jember yang notabene adalah santri tidak hanya pandai mengaji saja, tetapi juga aktif giatkan dunia literasi.

Sepanjang tahun pelajaran 2018-2019, tujuh buku berhasil diterbitkan oleh SMA Nuris Jember. Ketujuh buku tersebutb berjudul “Lemari Pengucap”, “Perasaanku Tumpah”, “Melukis Cinta di Atas Asa”, “Setegar Karang Membelah Ombak”, “Sepucuk Surat Surga”, “Pelukis Langit Penabur Cahaya”, dan “Ayat-Ayat Perinduan”. Dari tujuh buku sastra tersebut, terdapat lima buku yang sudah cetakan kedua dan dua buku lainnya merupakan cetakan pertama yaitu “Lemari Pengucap” dan “Ayat-Ayat Perindu”.

“Bangga dan senang sekali menjadi siswa SMA Nuris Jember, sebab di sini bakat yang kami miliki benar-benar digali dan dikembangkan dengan baik. Tak hanya itu, karya kami juga sangat diapresiasi. Terbukti, tulisan-tulisan kami dibukukan dan berISBN. Semoga karya yang kami tulis dengan berbagai kisah yang unik dapat memperkaya khasanah sastra,” Ungkap Tasya Dea, salah satu siswa yang karyanya dibukukan. Keberhasilan penerbitan buku sastra oleh SMA Nuris Jember ini tidak luput dari dukungan dan bantuan Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. Mulai dari proses pengumpulan karya sastra, seleksi karya sastra, hingga proses cetak karya sastra dilakukan dengan maksimal oleh tim tersebut.

(baca juga: Semangat Berkompetisi, Rani Siswa SMA Nuris Jember Kembali Raih Juara Story Telling Se-Jatim)

“Kami sangat mendukung dunia literasi di lingkungan Nuris. Siswa SMA Nuris Jember yang notabene adalah santri harus mampu mengembangkan literasi. Diterbitkannya tujuh buku sastra ber-ISBN ini, menjadi bukti bahwa santri Nuris merupakan santri hebat, selain mereka mahir di bidang agama, mereka juga memiliki keterampilan lainnya, salah satunya adalah menulis. Semoga literasi di lingkungan SMA Nuris Jember semakin berkembang,” kata Mila Karmila, Kasi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember. (red/Yuv)

Related Post