Hobi Riset dan Korespondensi, Alumni Nuris Kuliah Sarjana Kesmas di UNDIP Semarang

Berprestasi, Keranjingan Menulis Karya Ilmiah, Ingin Terapkan Ilmu Kesmas untuk Kemaslahatan Masyarakat

Pesantren Nuris – Tentu menjadi kabar yang membanggakan jika ada alumni Nuris memiliki sikap kritis dan hobi menuangkan observasi atau risetnya ke dalam karya ilmiah. Nah, berkat hobi dan potensinya tersebut, dia memilih kuliah sarjana di kampus negeri favorit di Jawa Tengah, tempat Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. ditempa hingga menjabat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penasaran dengan profilnya? Monggo ikuti liputannya!

Pernah meraih juara 1 lomba karya ilmiah remaja bidang kesehatan tingkat nasional di Universitas Brawijaya, Malang saat menempuh pendidikan menengah atas di SMA Nuris Jember, terus memacu Siti Devia Muhdhorifatus Sholeha untuk mengembangkan bakatnya di bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Hingga akhirnya, dia memutuskan ikut berkompetisi masuk Universitas Diponegoro, Semarang melalui jalur SBMPTN pada tahun 2018 lalu.

Sebagai anak yang tergolong cerdas dan berprestasi tingkat nasional, tak menjamin Devia, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, masuk dengan mudah di kampus tempat Menristek-dikti RI tersebut. Apalagi jurusan yan dipilih memiliki passing grade yang tinggi yakni, kesehatan masyarakat. Motivasi, cita-cita yang kuat, dan belajar yang tekun membuat Devia terus optimis berupaya menggapai mimpinya itu.

(baca juga: Alumni Nuris Ini Sukses Berkarier Owner Kedar Sari Nikmat di Gebang Jember)

“Sempat tak percaya juga sih, ketika ikut SBMPTN waktu itu bisa lolos di pilihan pertama yakni jurusan kesehatan masyarakat di UNDIP pula. Seperti diketahui ini termasuk kampus negeri bergengsi di Semarang. Pilihan kedua saya jurusan teknik kimia, dan alhamdulillah tak menyangka bisa kuliah sarjana sesuai harapan saya.” Ungkap gadis asal Dusun Sentong RT. 03 RW. 016 Desa Karanganyar, Kecamatan Ambulu, Jember.

Bermula dari keaktivan Devia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler MSains semasa SMA Nuris Jember, membuat dia terinspirasi guru pembinanya untuk mendalami ilmu kesehatan masyarakat. Ditambah lagi dengan ketertarikan keindahan destinasi dan keinginan mencari pengalaman baru di provinsi yang kini dipimpin oleh Ganjar Pranowo tersebut, semakin menguatkan asa Devia ambil kuliah di UNDIP.

(baca juga: Sulfa Mani Lazim, Alumni Nuris asal Thailand Jadi Narasumber Seminar Internasional di Jakarta)

Pemudi kelahiran Jember, 09 September 2000 tersebut berharap bisa menjalani studi sarjana di sana dengan lancar dan sukses. Selama satu semester lalu, dia mendapatkan hasil studi yang sangat memuaskan dengan raihan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,45. “Sebenarnya saya bisa meraih nilai lebih dari itu, kemarin sempat cuti sebulan karena kecelakaan. Semoga di semester depan bisa meningkat.” Tuturnya.

Bagi gadis yang gemar traveling ini, semua ini berkat doa dan dukungan guru-guru selama berada di SMA Nuris Jember. Dia terlatih disiplin, termotivasi menjelajah ilmu dan pengetahuan ke tempat favorit, hingga cita-cita mengembangkan bakat riset dan korespondensinya untuk kemaslahatan masyarakat. “Pokonya, Nuris is The Best,” tutupnya.[AF.Red]

Nama : Siti Devia Muhdhorifatus Sholeha

Lembaga : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulusan tahun 2018

Kuliah : UNDIP Semarang, Jurusan Kesehatan Masyarakat

Devia berpose di depan kampus UNDIP Semarang
Related Post