Subhanallah, Santri Nuris Hafal Alquran 30 Juz hanya dalam 2 Tahun

Diiringi Doa Bersama Dewan Asatiz, M Farhan Raditya Buat Haru dan Bangga Kedua Orangtuanya

Pesantren Nuris – Hari Jumat, 23 Agustus 2019 kemarin sungguh diselimuti keberkahan dan kebanggaan di Masjid Baitunnur Nuris. Pasalnya, M. Farhan Raditya, siswa kelas X PK 4 MA Unggulan Nuris, menuntaskan hafalan Alqurannya 30 juz dengan diiringi doa bersama kedua orangtua serta dewan asatiz atau pengurus Madrasah Hifzil Quran (MHQ) Pesantren Nuris Jember.

Tampak kedua orangtua Farhan terharu dan tersenyum bangga menyaksikan putranya tersebut. Beberapa santri kelas tahizul Quran juga turut hadir ikut berdoa bersama. Ustad Abu Bakar, selaku dewan asatiz senior di Pesantren Nuris Jember juga memberikan tausiyahnya khusus kelulusan Farhan yang sukses mengkhatamkan Alquran.  

Usaha dan ketekunan Farhan, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, berbuah kesuksesan karena dalam waktu yang terbilang singkat, 2 tahun, mampu menghafalkan keseluruhan Alquran. “Fokus dan pandai memanfaatkan waktu yang ada untuk hafalan, membuat saya bisa mencapai ini. Saya hafalan sejak di MTs Unggulan Nuris.” Ungkapnya.

(baca juga: Potret Rumah Tahfiz Nuri)

Kepala MHQ Pesantren Nuris Jember, Ustad Sayyid Berryl Mustofa, menuturkan, “Saya sangat mengapresiasi usaha keras Farhan hingga bisa hafal 30 Juz dalam waktu yang relatif singkat yakni, 2 tahun. Meski dia memang mulai menghafal di kelas 1 MTs, tapi belum lancar ngajinya, jadi bisa dibilang masih belajar ngaji. Setelah kelas 2, barulah dia fokus hafalan sampai dia kini lanjut di MA.”

“Tentu bisa menjadi contoh bagi santri-santri lainnya. Meski di Pesantren Nuris Jember tidak seleluasa pondok khusus Alquran dalam menghafal karena masih banyak kewajiban pelajaran yang harus diikuti, tetapi Farhan bisa membuktikan bisa hafal 30 juz. Semoga juga menular ke santri-santri lainnya di Nuris untuk sukses menghafal Alquran tersebut.” Imbuhnya.

(baca juga: Juara 1 MHQ Nasinal Rayon Jatim 2, Santri Nuris Siap Berlaga di Kancah ASEAN)

Kesuksesan Farhan menghafal 30 juz merupakan sejarah baru bagi santri Pesantren Nuris Jember. Program MHQ pesantren semakin menunjukkan keberhasilan dalam pembinaan santri dalam kegiatan menghafal Alquran. Apalagi kini disambut dengan sinkronisasi keseriusan lembaga formal seperti, di MTs dan MA Unggulan Nuris yang juga memiliki kelas khusus tahfizul Quran.[AF.Red]

M. Farhan Raditya (baju pramuka) bersama Dewan Asatiz MHQ Pesantren Nuris Jember
Related Post