Angkat Tema Menghapus Radikalisme, Alumni Nuris Juara 1 Lomba KTI di UIN Walisongo Semarang

Langganan Juara di SMA, Alumni Nuris Juarai Lomba di Universitas

Pesantren Nuris- Bukan Alumni Nuris namanya jika tidak membanggakan. Sudah menjadi langganan juara di berbagai bidang ilmu pengetahuan, dan sering mondar-mandir di koran semasa duduk di bangku SMA Nuris Jember. Alumni Nuris yang satu ini tak berhenti sampai di situ saja. Ia pun masih tetap menjadi juara ketika sudah berada di perguruan tinggi negeri. Siapa lagi jika bukan Muhammad Fajri Kholili Zain.

Alumni SMA Nuris tahun 2019 ini melanjutkan pendidikannya di UIN Walisongo Semarang Fakultas Syariah, jurusan Ilmu Falak. Kecintaannya pada ilmu astronomilah yang membawanya ke jurusan ilmu falak.

“Saya ingin menjadi ahli falak dan perbintangan nantinya, karena saya sangat menyukai astronomi dan benda-benda luar angkasa itu sangat menarik,” Ungkapnya.

(Baca juga: Kuliah Sambil Mengabdi Alumni Nuris Resmi Sandang Gelar Sarjana Sains)

Belum genap setahun berkuliah di UIN Walisongo Semarang, jiwa kompetisi yang dimiliki Fajri (Panggilan akrab Muhammad Fajri Kholili Zain) kembali bergejolak. Ia mengikuti kompetisi Pekan Olahraga Seni Ilmiah (Orsenik) yang agenda tahunan di UIN Walisongo Semarang.

Banyak cabang lomba yang di adakan, salah satunya Presma (Presentasi Makalah) dengan tema  “Menghapus akar radikalisme di dunia kampus”. Fajri dan kedua kawannya berpartisipasi dalam cabang ilmiah yaitu Presma (presentasi makalah).

“Tema umumnya itu Menghapus akar radikalisme di dunia kampus, sedangkan kami dari fakultas syariah membawakan salah satu cabang dari ilmu ushul fiqih berupa maslahah mursalah sebagai kontra narasi ideologi Hizbut Tahrir sebagai penghapusan akar radikalisme di kampus,” Ungkapnya

Fajri dan kedua temannya menjadi delegasi dari Fakultas Syariah. Sebelumnya mereka diseleksi dari sekitar 700 mahasiswa Syariah, akan diambil menjadi beberapa tim yang kemudian mengikuti lomba tingkat Universitas mewakili fakultas masing-masing.

(Baca juga: Alhamdulillah Dua Alumni Nuris Wisuda Sarjana Sains dan Sastra Di Unej)

Sistem lombanya yaitu para peserta diberi waktu sekitar 3 jam untuk pembuatan makalah, lalu presentasi selama 10 menit, dan tanya jawab sama juri 10 menit. Dengan antusiasme yang tinggi, semangat, dan kerja keras Fajri berhasil meraih juara 1 lomba Presma tahun 2019.

“Saya senang sekali dan tidak menyangka bisa memenangkan kompetisi ini, semoga nantinya ini bisa membuat saya semakin termotivasi untuk terus menerut berkarya dan memberi manfaat untuk orang di sekitar saya,” Ujarnya mengakhiri wawancara dengan tim website Nuris. Semoga sukses selalu Fajri. [Red. Dev]

Biodata
Nama: Muhammad Fajri Kholili Zain
Tempat, Tanggal, Lahir: Jember, 06 Februari 2001
Alumni: SMA Nuris Jember 2019
Kuliah: UIN Walisongo Semarang, jurusan Ilmu Falak

Fajri bersama Timnya
Related Post