Anggota Pramuka Nuris Jember Gelar Pelantikan Penegak Bantara

Menjadi Seorang yang Lebih Baik, Menjadi Misi Dalam Pelantikan Penegak Bantara

Pesantren Nuris- Setelah menyelesaikan beberapa rintangan yang sulit anggota pramuka penegak di pangkalan Nuris Jember mengadakan pelantikan Penegak Bantara. Pelantikan ini merupakan pelantikan guna mengukuhkan tanggung jawab yang ada di dalam Trisatya.

Pelantikan Penegak Bantara ini di laksanakan pada Minggu, 22 September 2019 di GOR (Gedung  Olah Raga) Nuris. Kegiatan ini berlangsung dengan suasana hitmat dan sakral.

(Baca juga: Pramuka Nuris Jember Menyongsong Identitas Santri)

Pelantikan ini berupa upacara yang dipimpin oleh M Irfan Maulana dari kelas XI PK 1 MA Unggulan Nuris. Pesesrta upacara merupakan anggota pramuka penegak yang akan dilantik sebagai Pramuka Bantara .Yang menjadi pembina upacara merupakan pelatih gugus depan 02.109-02.110 yaitu Imaroch Ditro.

Upacara dilaksanakan seperti upacara-upacara yang biasanya hanya saja, upacara kali ini terdapat beberapa tambahan dan juga bersifat sakral. Setelah laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara perwakilan dari anggota pramuka yang akan dilantik maju kedepan peserta guna penyematan tanda Pramuka Bantara.

Setelah penyematan tanda Penegak Bantara, barulah anggota pramuka yang telah dilantik sebagai Penegak bantara disiram dengan air yang telah dicampur dengan bunga.  Penyiraman ini merupakan tanda bahwa upacara ini adalah upacara yang sakral.

Dalam amanatnya Imaroch Ditro mengungkapkan bahwa “Penegak Bantara adalah seorang anggota pramuka yang berani untuk berubah lebih baik, bukan hanya dalam kegiatan-kegiatan pramuka akan tetapi juga dalam kehidupan sehari-harinya.”

(Baca juga: Satu Kehormatan Pramuka Nuris di Barisan Upacara Hari Bhayangkara Ke 72)

Setelah amanat selesai barulah upacara pelantikan Prenegak Bantara selesai. Juga,Para anggota yang telah menempuh Syarat Kecakapan Umum untuk Penegak Bantara telah resmi menjadi Penegak Bantara.

“Jika seorang pramuka penegak telah dilantik sebagai Pramuka Bantara, berarti ia juga berani melaksanakan janji yang telah diucapkan oleh para anggota pramuka atau Trisatya.” Tambahnya. (Lana/red)

Anggota Pramuka Penengak Bantara Setelah Dilantik
Related Post