Sang Motivator Pembangkit Semangat

Penulis: M. Qorib Hamdani*

Golden ways  inilah salah satu pembukaan yang kerap kali menjadi awalan sang motivator asal Indonesia yang telah menginspirasi banyak orang. Motivator bukanlah pekerjaan yang menerima banyak receh, akan tetapi motivator adalah suatu pekerjaaan yang sangat mulia. Siapa lagi kalau bukan Mario Teguh yang selalu muncul ditelevisi untuk berbagi cerita tentang motivasi.

Mario Teguh adalah nama panggilan yang selalu dilontarkan oleh orang-orang, nama asli Mario Teguh adalah Sis Maryono Teguh. Motivator ini dilahirkan di kota Makasar pada tanggal 5 Maret 1956 dari pasangan Siti Maria dan Gozali Teguh.

(Baca juga: Tiga Tokoh Nahdlatul Ulama Yang Membumi di Dunia Sastra Indonesia)

Sejak kecil Mario teguh sudah terkenal dengan kecerdasannya yang begitu unggul. Kota Chicago, Amerika Serikat telah diarunginya selama masa SMA, guna untuk mencari ilmu. Setelah lulus di Amerika Serikat dia kembali ke Indonesia untuk menutupi rasa rindu dan berbincang-bincang untuk Universitas yang akan ditempatinya yaitu di Malang jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dalam program S1.

Dia selalu aktif dalam kegiatan yang ada di Universitasnya, bahkan dia membuat program yang diberi nama Mario Teguh Super Club MTSC. Ilmu bukanlah sesuatu yang datang dengan sendirinya, Mario Teguh terbang ke Jepang lagi karena dia merasa haus ilmu. setelah lama mencari ilmu akhirnya dia memutuskan untuk menikah dengan Linna Teguh yang kemudia dikaruniai dua anak laki yang bernama Audrey Teguh dan Marco Teguh.

Berbagai bisnis yang diarunginya selama belum menjadi motivator, dan menjadikanya sering berbicara di program bisnis yaitu Bussiness Art di O’Channel. Dengan bekal berbicara yang mudah untuk dipahami, Mario Teguh disenangi banyak orang. Setelah banyak berbicara di depan umum, Mario Teguh kemudian tampil di acara televisi yang dia bawa sendiri yaitu “Mario Teguh Golden Ways”.

(Baca juga: Pahlawan Nasional Dari Kalangan Santri)

Dari acara tersebut dia mulai tenar di mata masyarakat dan dikenal sebagai motivator termahal dan sukses di Indonesia.

Hal yang selalu dicarinya sebagai orang motivator adalah caranya yang menyampaikan motivasi-motivasi dengan metode Emotional Inteligent. Dia mencari metode itu melalui ilmu kejiwaan menurut agama sperti tasawuf dan pengendalian amarah yang dikenal dengan istilah Anger Management. dia tidak menggunakan metode yang ada di luar negeri, karena dia lebih cocok metode yang biasa dilakukan oleh Indonesia, karena sifatnya yang plural sehingga lebih mudah diterima oleh semua kalangan.

Penulis merupakan siswa kelas XI PK MA Unggulan Nuris yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post