Buku Yang Mengulik Tentang Peranan Perempuan di Dunia Politik

Penulis : Siti Musdah dan Anik Farida
Judul Buku : Perempuan dan Politik
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tahun Terbit : 2005
Peresensi: Fatmi Tri Purnami

Sinopsis

Dunia politik sesungguhnya identik dengan dunia kepemimpinan saat berada dalam posisi sebagai pemimpin perempuan mengalami lebih banyak hambatan ketimbang laki-laki. Mengapa? Karena perempuan harus selalu membuktikan bahwa dirinya memang pantas dan bisa diandalkan.

(Baca juga: Novel Tentang Kamu, Perjalanan Hidup Seorang Anak Pelaut)

Mari simak peraturan wali kota perepuan di Sanfrancisco: “Aku kerap dikritik atas beberapa komentar yang agak menyinggung perasaan dan selanjutnya meledak menjadi pergunjingan publik, tidak seperti laki-laki dalam posisi yang sama, yang pertanyaannya seringkali berlalu tanpa tantangan.

Pengalaman mengajarku bahwa kunci keberhasilan perempuan dalam jabatan pemerintah adalah menjadi orang yang bisa diandalkan, artinya memberi perintah yang jelas dan mau menindak lanjuti, memeriksa kembali setiap pertanyaan.

(Baca juga: Belajar Sejarah Lewat Novel Bumi Manusia)

Demi keakuran, menjaga integritas pribadi, dan benar-benar menjaga kepercayaan masyarakat. Selain itu, juga dituntut untuk bisa bekerja sama dalam satu kelompok dan membina hubungan dengan kolega yang didasarka pada integritas dan rasa hormat. Perempuan harus mampu menyelesaikan tugas yang dibebankan padanya dan harus menjadi pemimpin dalam arti yang sesungguhnya.”

Penulis merupakan siswa kelas X IPS 3 SMA Nuris Jember

Related Post