Tim LKTI SMA Nuris Jember, Raih Juara 1 LKTI Tingkat Nasional Di Sukabumi

Bawa Pulang Piala Ajang Albacadabra 2020, Tim SMA Nuris Jember Membanggakan

Pesantren Nuris- Siswa SMA Nuris Jember tak pernah lelah untuk mengukir prestasi. Kali ini tim KTI SMA Nuris Jember berhasil lolos dalam lomba karya tulis ilmiah nasional dalam Ajang Albacadabra 2019 yang diadakan oleh SMA Pesantren Unggul Al Bayan Cibadak Sukabumi Jawa Barat. Lomba ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian lomba yang diadakan.

Ada 35 cabang lomba yang terbagi menjadi 4 sub cabang yakni Glass, Kabum, Start, ABC, Criterion. SMA Nuris Jember berada pada cabang lomba Start yang terdiri dari LKTI dengan tema “Menyongsong Generasi Emas 2045”, poster digital, olimpiade sains, foto hunting, Rangking 1, LCTIT (Lomba Cepat Tanggap Ilmu Teknologi), 3D Wall Magazine, dan Short Movie.

(Baca juga:Siswa SMA Nuris Juarai Lomba Olimpiade Teknik Kimia Di Unej)

Tim SMA Nuris Jember terdiri dari Tegar Ramadani, sebagai ketua tim dari kelas XI IPA, M. Syariful Umam, sebagai anggota 1 dari kelas XII IPA, dan Nabila Rizqi Amalia dari kelas XII IPA, sebagai anggota 2.

Tim SMA Nuris Jember mengangkat judul “ABITO (Animal Husbandary Corporation Tekhnology) Inovasi aplikasi Koperasi Peternak Berbasis Android Sebagai Upaya Mensejahterakan Peternak,” yang mengusung sebuah aplikasi android yang ditujukan untuk menyejahterakan peternak yang berfungsi untuk mengurangi kesetimpangan antara produksi dan konsumsi ternak di Indonesia.

Seleksi paper diadakan pada tanggal 7 Oktober 2019 melalui online, yakni dengan mengirimkan  file KTI ke email panitia, pengumuman paper tanggal 25 Oktober melalui Instagram Albacadabraofficial, seleksi paper ini diambil lima paper terbaik dari sekitar 145 paper yang menjadi peserta. Kelima paper tersebut merupakan paper dari tim SMA Nuris Jember, SMA Fajar Dunia Jawa Barat, SMA Insan Cendekia Al Kautsar, SMA At Taufiq, dan SMAN 1 Cikembar.

Setelah mendapat lima peserta final, panitia Albacadabra mengundang lima tim untuk mengikuti final lomba karya tulis ilmiah pada 30 Oktober 2019 di SMA Pesantren Unggul Al Bayan Sukabumi.

(Baca juga: Bawa Pulang Piala Kemenangan Siswa SMA Nuris Jember Bangga Belajar Sejarah)

“Tim SMA Nuris Jember merupakan satu-satunya peserta final dari Jawa Timur, yang merupakan peserta terjauh. Kami berangkat ke Sukabumi pada Senin, 28 Oktober 2019, dan sampai di Sukabumi pada 29 Oktober 2019. Final presentasi pada 30 Oktober 2019, pukul 09.00 WIB, SMA Nuris Jember mendapat urutan ke 2,” Ujar Nabila Rizqi Amalia salah satu anggota tim SMA Nuris Jember

Dalam babak final ini penilaian meliputil, gagasan 20%, pemhaman 30%, diskusi 50%. SMA Nuris Jember tampil maksimal dan percaya diri ketika mempresentasikan hasil analisis dan produk aplikaisnya. Dan benar, SMA Nuris Jember berhasil mendapatkan  Juara 1 dalam ajang ini. Tiga juara LKTI yaitu juara 1 SMA Nuris Jember, juara 2 SMA Fajar Dunia Jawa Barat, juara 3 SMAN 1 Cikembar Sukabumi.

“ Saya merasa sangat senang, karena perjuangan kami tidak sia-sia dari  Jember ke Sukabumi. Dan saya terkesan dengan pelayanan dari panitia yang sangat baik dan ramah. Kami juga mendapatkan voucher liburan ke Jembatan Ayunan Situ Gunung dan Curuk Sawer Sukabumi,” Ujar ketua tim LKTI SMA Nuris Jember, Tegar Ramadhani.  

“Harapan saya tahun depan bisa mengikuti ajang Albacadabra 2020, dan kembali dapat mengharumkan nama Nuris,” lanjutnya. [Red.Dev]

Related Post