Dua Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara 1 Bidang Bahasa Tingkat Jawa Timur

Tak Hanya Jago Kitab Kuning, Siswa MA Unggulan Nuris Mumpuni di Bidang Bahasa Asing

Pesantren Nuris- Selain mendalami kitab kuning, siswa MA Unggulan Nuris juga aktif di berbagai kegiatan ekstrakurikuler lainnya, termasuk bahasa. Pada (23/11/2019) lalu MA Unggulan Nuris bersama dua lembaga menengah atas lainnya mengikuti ajang English Festival Tingkat Jawa Timur di Universitas Abdurrachman Shaleh Situbondo.

(Baca juga: Membanggakan Siswa MA Unggulan Nuris Raih Juara 1 Speech Contest Tingkat Jawa Timur)

Siswa MA Unggulan Nuris mengikuti dua bidang lomba olimpiade Bahasa Inggris, news reading, dan speech contest.

Pada bidang lomba news reading dibagi menjadi dua babak, yakni babak penyisihan dan final. Di babak penyisihan peserta diminta untuk membacakan teks yang sudah dipelajari dengan tema bebas, diambil 5 besar. Pada babak final peserta diminta untuk membacakan teks yang sudah disiapkan oleh panitia. Penilaian pada babak final meliputi eye contact, pronounciation, gesture, dan intonation.

Begitu pula dengan lomba speech contest, dibagi menjadi dua babak yakni penyisihan dan final. Pada babak penyisihan para peserta menyampaikan teks yang sesuai dengan tema yang diberikan oleh panitia.Penilaian meliputi pronouncation, content, dan gesture.

Kemudian diambil 5 besar untuk masuk ke babak final. Pada babak final peserta diberi tema “How Can Your Language You Speak Change Your View To The World?” kemudian disuruh membuat teks sendiri dan diberi waktu satu jam.

“Saya menyampaikan tentang bahasa yang kita gunakan akan menjadi karakter bagi kita, contohnya melalui bahasa Madura kita bisa melihat bahwa orang Madura itu jujur dan to the point dalam berbicara,” ujar M. Fahmi Idris, salah satu kandidat MA Unggulan Nuris.

(Baca juga: Prestasi MA Unggulan Nuris Makin Kece Juara 1 Debat Hukum Tingkat Nasional)

Setelah menyampaikan pendapatnya selama 7 menit, peseta diminta untuk menjawab soal dari juri dengan durasi waktu menjawab 2 menit.

Siswa MA Unggulan Nuris belum berhasil menjuarai olimpiade Bahasa Inggris, namun pada lomba speech contest berhasil meraih juara 1 atas nama M. Fahmi Idris dan juara 1 lomba news reading atas nama Anisa Citra H.

“Saya merasa sangat bersyukur bisa menjadi juara 1. Harapannya dapat konsisten dan kembali berprestasi di ajang lomba lainnya, dan dapat menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-har,” tambah Fahmi (Panggilan akrab M. Fahmi Idris). [Red.Dev]

M. Fahmi Idris Peraih Juara 1 Speech Contest Tingkat Jatim
Related Post