Mengenal Risalah Ahl Al Sunnah wal Al Jama’ah; Karya Agung Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari

Penulis: M. Izzul Aroby*

Risalah Ahl al-Sunnah wal al-Jama’ah fi hadist al-Mauta wa asyrat al-Sa’ah wa bayani maghum al-sunnah wa al-bid’ah atau yang populer dengan Risalah Ahl al-Sunnah wal al-Jama’ah merupakan salah satu kitab karangan Ulama Nusantara yang masyhur di lakangan santri pesantren. Secara umum, kitab ini terdiri dari 10 fasal yang membahas tentang hujjah ahlusunnah wa al-jamaah tentang sunah dan bid’ah, cara bermazhab dan tentang hari akhir.

Penulis kitab ini adalah Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari yang terkenal dengan penguasaan beliau dalam memahami hadis Rasulullah. Menurut KH. Ahmad Muwaffiq, Gelar Hadratussyaikh merupakan julukan terhormat bagi seseorang yang telah menghafal Kutub Al Sittah yaitu shahih Bukhori, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Turmudzi, Nasa’I dan Ibnu Majah.

Secara implisit, tujuan Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari menulis kitab ini adalah “untuk menjadi nasihat bagi siapapun yang mempelajarinya” sebagaimana yang termaktub dalam muqaddimah kitab. Pada mulanya kitab ini hanya dicetak dalam bentuk lembaran, mengingat isi kitab yang bagus, maka belakangan banyak pihak yang menterjemahkan kitab ini dalam bentuk aksara pegon maupun Bahasa Indonesia.

(baca juga: Menjawab Kegalauan Netizen, Mudik Versus Pulang Kampung)

Metode penulisan kitab ini adalah dengan mengutip hadis kemudian menjelaskan pembahasannya pada masing-masing hadis. Hadis yang terdapat dalam Risalah Ahl al-Sunnah wal al-Jama’ah sebagian besar merupakan kutipan dari Kutub Al Sittah, selain itu juga ada dari Imam Malik. Menilik dari profil penulis serta isi  kitab, maka Risalah Ahl al-Sunnah wal al-Jama’ah merupakan kitab yang dapat dipertanggungjawabkan secara isi maupun sanad keilmuan.

Tim website pesantrennuris.net akan mengkaji kitab ini dalam bentuk tulisan ber-seri yang insya Alllah akan dipublikasikan setiap hari sebagai penambah khazanah keilmuan Islam ditengah masa pandemic covid-19. Pembahasan dalam tulisan serial ngaji Risalah Ahl al-Sunnah wal al-Jama’ah  akan diperkaya dengan hujjah-hujjah dari literatur lain yang mendukung dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.

Bagi teman teman yang ingin berkalaborasi untuk urun menulis serial ngaji Risalah Ahl al-Sunnah wal al-Jama’ah bisa untuk menghubungi tim website pesantrennuris.net. Semoga usaha ini mendapatkan hasil yang baik serta diridloi oleh Allah SWT. Wallahu A’lam.[]

sumber foto sampul: m.bangsaonline.com

*penulis adalah alumni MA Unggulan Nuris tahun 2017, kini sedang melanjutkan studi di Polije

Kitab Karya KH. Hasyil Asy’ari
Related Post